HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

Sharing seputar dahak bayi

with 8 comments

dahak bayi

Oleh adeheri

Rabu, 19-Januari-2005, 13:27:42

anak saya (2 bln ) jgu begitu . Ada yg bilang di sedot pakai mulut orangtuanya , tapi bidan bilang itu karena alergi dingin ..jadi tindakan saya mungkin akan di jemur sering pagi2 gitu…
Dahak bayi
Oleh ritarahayua

Rabu, 01-Desember-2004, 15:53:55

Halooo..
Dahak bayi itu sudah biasa banyak bayi yang mengalaminya apalagi bayi baru lahir biasanya sampai umur 3 bulan, anak saya juga dulu waktu baru lahir sampai 3 bulan bunyi dahaknya kenceng & keras banget tapi setiap hari saya jemur, atas saran temen sih katanya suruh keDSA untuk disedot tapi saya hanya konsultasi kebidan saja suruh dijemur tiap hari, tapi sekarang alhamdulillah 6 bulan sudah tidak kedengaran lagi tuh kecuali kalau lagi Flu, coba deh dijemur dulu saja … sayang kalau masih bayi harus disedot dimasukin selang kehidung, dulu anak tante saya sampai sakit berkelanjutan setelah disedot dan draktis turun berat badannya, makanya saya takut terjadi seperti itu
untuk pak Firman
Oleh Masud

Jumat, 26-Nopember-2004, 13:12:08

pada waktu anak saya lahir, saya mengikuti anjuran dokter,jika ingin diberi asi jgn sambil tiduran,dan sehabis diberi asi bayi harus di tempelkan kepunadak sambil di tepuk2 punggungnya, saya kira semua bayi pernah mengalami seperti itu, jgn kwatir
Dahak bayi
Oleh Eny

Jumat, 05-Nopember-2004, 13:26:39

Anak saya juga mengalami hal yang sama sejak lahir.Setiap habis minum pasti bunyi nggrok-nggrok.Anak saya sering saya jemur dan setelah usia 1,5 bulan, dia saya beri minum air putih sehabis minum susu (sekitar setengah sendok teh).Sekarang bunyi grok-groknya berkurang.Kata dokter,itu tidak apa-apa.Semua bayi sepertinya mengalami hal yang sama.Dan sedikit berbagi pengalaman,bayi saya setiap saya beri minum susu atau ASI sambil tidur,sering muntah.Jadi sebaiknya,sebelum bayi kemasukan makanan pendamping ASI,diberi minumnya jangan sambil tidur.
dahak bayi
Oleh endang

Selasa, 02-Nopember-2004, 12:21:01

sejak lahir bayi saya dibiasakan setelah menyusu, digendong dipundak dan ditepuk-tepuk punggungnya sampai sendawa. Sesekali dia tengkurapkan diantara dua paha shg biarpun tengkurap tapi dadanya tidak akan sesak. Jika gumoh, secepatnya dimiringkan ke kanan agar gumohnya tidak tertahan atau malah masuk hidung. Saya juga biasakan memberi balsem bayi (transpulmin) agar pernapasannya jadi plong.
dahak bayi
Oleh desi

Rabu, 20-Oktober-2004, 13:03:41

Pada waktu baru lahir s/d usia 3 bulan anak saya (5 bulan) juga mengalami hal yg sama. Sepertinya semua bayi mengalami bunyi nggrok2, malah anak saudara saya sampai disedot cairannya segala. Tapi karena tidak mau anak saya disedot cairannya, karena masih terlalu kecil, saya menuruti saran beberapa teman dan dokter untuk sesering mungkin menengkurapkan anak dan merubah-ubah posisi tidur bayi, miring ke kiri, ke kanan, jangan dibiarkan terlentang terus. Alhamdulilah cairannya keluar sedikit demi sedikit dan sampai sekarang hilang sama sekali.
masalah dahak bayi
Oleh schaat

Kamis, 14-Oktober-2004, 15:11:28

Utk Bapak Firman,
usia bayi saya 6 bulan lebih seminggu & juga mengalami hal yg sama. rata2 semua bayi punya masalah seperti itu, seperti ada lendir di hidung atau tenggorokannya, krn mungkin usia bayi yg masih muda, jadi organ2nya belum sempurna. kalo saran dokter saya, bayi harus rajin dijemur sebelum pukul 8 pagi, biar punggungnya hangat, trus juga sering ditepuk2 dada & punggungnya..pelan2 saja, tapi dilakukan sebelum bayi minum susu, krn kalo tidak, bisa muntah atau istilahnya gumoh’. jadi bapak firman nga usah khawatir, kecuali kalau masalahnya berlanjut, mungkin akan disarankan ke dokter spesialis asma. tapi lebih baik, lakukan seperti itu dulu. apalagi bayi bapak baru berusia 2 bulan. anak saya juga mengalami masalah yg sama di usia 2-3 bulan, tapi kemudian hilang, dan sekarang suka muncul lagi. ibu saya menyarankan sedia mangkuk isi air hangat, taruk viks sedikit, terus masukkan sapu tangan, diperas, dan arahkan ke hidung anak, jangan ditempel, cukup dekatkan saja, biar dia hirup hawanya, nga usah lama. krn cukup membantu, utk mencairkan lendir atau membuang kotoran2 yg terkumpul di dalam hidung. semoga saran ini berguna buat bapak Firman.

http://info.balitacerdas.com

Written by informasisehat

08/05/2009 at 9:51 pm

8 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. dari lahir sampai sekarang uda mau 8bulan masih aja bunyi grok grok di tenggorokannya masih belum hilang.

    hartiny

    19/08/2011 at 5:14 am

  2. anak sya umur 3bln lebih sekrng,dn sekrng lg terkna flu disertai lendir yg mengakibtkn hidungx tersumbt serta pernafasan yg berbunyi ngrok..ngrok.. Sya bingung mau ngobtinx gimana,maklum sya ibu muda yg bru berusia 20thn dn blm mengerti tentng masalah pda bayi..tlng dong bantuanx..

    tenri heryani

    24/10/2011 at 7:22 pm

  3. Anakku br 5bln grok2 d barengin batuk jg, itu jg kl siang tp kl mlm g ada grok2 sama batuk solusi nya apa ya?

    Dahak bayi

    29/10/2011 at 11:41 pm

  4. Anak saya umur 2 bln..udh hampir 1 bln batuk anak saya ga sembuh2 jga,pdahal sdah dibawa kedokter..tpi belum ada perubahan.. Gimana ya solusinya biar batuk dahak anak saya sembuh n dberi obat apa biar pulih?

    Ida

    09/10/2013 at 3:40 am

  5. assalamuallaikum

    gimana yah dok…
    saya punya bayi usia 11bln.sejak usia 3bln dia terkena TB paru.alhamdulillah hsil pengobatan nyah uda selesai selama 6bln.di masa pengobatan awal,batuk anak saya sudah hilang.tpi setelah pengobatan terakhi anak saya terkena batuk berdahak sudah hampir 3 minggu… saya kasian mau ksih obat .krna sudah trlalu banyak obat yg dia konsumsi.saya jdi bingung mau kasih obat apah.ksih solusinyah yah dok… obat &vitamin apah yg ccok untk ank saya….

    terimaksih

    aLeya

    24/10/2013 at 3:07 pm

  6. Anak sy bru 11 hari,,,dia pertma x pilek trus di sertai btk berdhak,,,mhon bntuan x

    Anonymous

    22/05/2014 at 6:00 am

  7. You actually make it seem so easy with your presentation but I find this matter to be really something which I
    think I would never understand. It seems too complex and very broad
    for me. I’m looking forward for your next post, I’ll try to get the hang of
    it!

  8. Saya seorang ibu dengan 1org anak yg masih berusia 3bulan 10hari (10october ini), dan sejak anak saya berusia 1bln kurang, sudah sering saya dengar seperti susah bernafas atau bubyi grok seperti ada lendir yg tdk bs kluar yg nyangkut diantra hidung da temggorokan nya. Awalnya saya pikir hal tsb dikarenakan kotoran hidungnya jd menutup pernafasan dia. Kemudia sy konsultasikn ke doktrt sp. Anak saya dan diberikan lah “breathy” tetesan nacl yg berfungai utk melunakkan kotoran hidung spy dpt dibersihkan. Namun “grok2″ itu juga tak kunjung hilang, akhrnya saya berinisiatif utk meng-uap anak saya k rs. Setelah d uap pun lebdir tak kunjung kluar juga, hingga akhrnya ada yg bilang “itu biasa trjadi pd bayi dan nanti akan hilang dgn sendiriny”. Dan banyak org2 yg saya temui bilang itu adalah sisa air ketuban yg tertelan yg tdk bersih tersedot pd saat dia lahir dan nanti akan hilang dgn sendirinya. Dan Setiap kali sy konsultasikan ke dokter2 yg lain tanggapannya sll sama, “selama anak tdk rewel ya tdk masalah” (>. <) padahal sy sbg ibu "baru" sangat khawatir sekali setiap "grok2" anak saya terdengar. mgkn anak saya mgkn merasakan tdk nyaman hanya saja tdk sampai menangis kesakitan atau bagaimana. Hingga dua hari berturut2 ini setiap malam diatas jam 12 dia selalu menangis seperti merasakan ketidknyamanannya. Sya kadang heran kalo seandainya tetsumbat hidungnya seharusny tiap kali di tdr mulut harus terbuka donk, tp ini anak saya setiap kali tdr mulut selalu tertutup dan bs menyusu asi. Saya jd bingung apa yg hrs sy lakukan???? Tiap pagi sy sudah jemur, kadang saya terapi uap dgn minyak telon, sampai ramuan tradisional (kapulaga+cengkeh yg dihaluskan kmd d taruh d ubun2nya) jg sdh sy lakukan, kadang sampai sy kasih tetesan healer pd bajunya spy hidungnya lega, tp knp tdk aa lendir yg kluar, sy jd makin tdk tega melihat dn mwndengar suara grok pd anak saya. Mhn info dan saran nya, apa yg harus sy lakukan utk dpt mengeluarkan lendir anak sy ini ya???? Trima ksh

    amel

    10/10/2014 at 1:12 am


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

