HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

with 30 comments

bau mulut bisa diatasi

bau mulut bisa diatasi

Masalah bau mulut adalah masalah yang cukup serius bagi sebagian orang yang aroma mulutnya sangat tajam menusuk hidung orang-orang yang berada di sekitarnya. Orang yang puasa biasanya mulutnya akan bau tidak enak, namun hal ini wajar-wajar saja. Lain halnya jika bau mulut terjadi secara permanen tentu akan memberikan dampak atau citra yang negatif.

Bau mulut yang berkepanjangan dapat mengakibatkan seseorang jadi tidak percaya diri (pede) dan bisa menjadi pertanda suatu penyakit seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, liver, gangguan pada pencernaan, dan lain sebagainya. Di samping itu bau mulut juga dapat ditimbulkan dari adanya lubang pada gigi, sisa makanan di dalam mulut, karang gigi / karies, dan lain sebagainya.

Tanda-tanda terjadinya bau mulut biasanya adalah akibat terganggunya keseimbangan asam mulut seperti alir liur kental, mulut kering dan rasa tidak nyaman bicara. Selain itu lawan bicara akan terlihat gelisah dan mengambil inisiatif menjauh / mengambil jarak dalam berbicara. Bisa juga seseorang akan komplain atas bau tidak enak yang tercium dan berasal dari mulut kita.

Ketika melakukan ibadah puasa, seseorang akan lebih rentan terkena bau mulut yang tidak sedap dihidung dikarenakan adanya pengurangan produksi air liur yang dapat membuat mulut menjadi kering / xerostomia. Akibatnya jumlah oksigen di dalam mulut akan berkurang. Bakteri anaerob dapat berkembang biak di dalam mulut tanpa oksigen yang memecah asam amino dan menghasilkan gas sulfur yang membuat mulut tidak sedap baunya.

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut yang tak sedap, sering membuat merasa tidak pede dan tidak menyenangkan bagi mereka yang kita ajak bicara. Banyak hal yang menyebabkan mulut berbau tidak sedap, diantaranya :

- gigi yang berlubang
– lidah yang berjamur ( sering dibersihkan lidahnya )
– pencernaan yang bermasalah
– usus besar yang kotor
– fungsi pancreas yang menurun

Kadang itu juga merupakan gejala awal akan munculnya masalah DIABETES MELITUS. Nanti, entah puluhan tahun kemudian (bahkan bisa dipercepat) tergantung pola makan dan pola hidup anda..

Penyebab bau mulut

Produk Susu

Keju dan produk susu lainnya kaya akan protein, sehingga menjadi santapan lezat tak hanya bagi anda tapi juga bagi bakteri penyebab bau mulut.

Alkohol

Alkohol bisa mengurangi produksi air liur di dalam mulut, dan bakteri amat menyukai lingkungan yang kering.

Gula

Bukan cuma membuat gigi anda berlubang, gula juga merupakan sumber makanan bagi bakteri.

Bawang Putih

Bawang putih kaya akan kandungan sulfur, yang sudah cukup dikenal sebagai penyebab bau mulut. Bahkan tidak hanya mulut anda saja yang bau apabila mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak, namun juga keringat anda.

Rokok

Merokok membuat mulut anda kering dan menjadi sarang yang nyaman bagi bakteri. Selain itu, kombinasi lebih dari 4000 zat kimia dalam rokok yang berkumpul di dalam mulut anda sudah pasti akan menciptakan aroma kurang sedap.

Melawan bau mulut

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang saatnya kita melakukan tindakan-tindakan untuk mencegah maupun mengatasi bau mulut. Hal yang paling utama adalah menjaga mulut anda tetap bersih dan harum dengan rajin-rajin menyikat gigi, menggunakan obat kumur atau permen pengharum nafas (yang sugar free).

Air

Saat meminum segelas atau dua gelas air, otomatis kotoran yang tersisa di mulut yang mungkin menyebabkan bau mulut akan digelontor habis. Minum air yang cukup juga memastikan produksi air liur anda tetap terjaga.

Klorofil

Baik dikonsumsi dalam bentuk kapsul maupun cair, klorofil atau zat hijau daun — terbukti dapat menyebabkan nafas segar dan mulut lebih bersih. Kalau tak ada stok klorofil di rumah, kunyah saja beberapa helai daun kemangi atau seledri.

Rempah-rempah

Beberapa jenis rempah mampu membuat nafas anda harum. cengkih, anis, jintan, peppermint, dan ketumbar sudah digunakan sejak jaman dulu sebagai pengharum nafas. Banyak cara mengkonsumsinya, namun yang paling efektif adalah dengan mengunyahnya.

Sumber ; SendokGarpu.com

Tips Cara Menghilangkan, Mengatasi dan Mencegah Bau Mulut Tidak Sedap By Organisasi.Org :

1. Gosok gigi yang rajin dan bersih setiap sehabis makan minimal selama 2 menit.
2. Tidak makan makanan dan minuman yang biasanya membuat mulut bau.
3. Hindari permen yang menimbulkan bau mulut setelah permennya habis.
4. Rawat gigi kita di dokter gigi dan cek up minimal dua kali setahun.
5. Minumn air putih yang banyak dan cukup.
6. Bersihkan lidah kita dari kuman dengan sikat lidah, sendok, sikat gigi, dsb.
7. Gunakan semprotan mulut penghilang bau.
8. Rajin berkumur dengan cairan pembersih mulut khusus untuk kumur.
9. Kebiasaan buruk merokok ditinggalkan saja.
10. Hindari banyak makan makanan berminyak ketika sahur.
11. Makan makanan yang berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar.
12. Minum yogurt, makan vitamin c dosis tinggi dan mengunyah tumbuhan seperti daun ketumbar, ekaliptus, taragon, dan lain sebagainya.

Semoga bau mulut yang anda derita bisa hilang 100% atau minimal berkurang baunya.

http://organisasi.org

Kopi Bisa Halau Bau Mulut Tak Sedap

Ada kabar baik bagi mereka yang punya bau mulut mengganggu. Apa tuh? Banyak-banyak saja ngopi. Menurut penelitian, kopi mengandung esktrak yang mempu mencegah bakteri penyebab bau mulut tak sedap.

“Ada yang mengira, kopi bisa memicu napas tak sedap. Memang ada benarnya, sebab kopi memicu efek dehidrasi pada mulut yang kalau dipadu dengan susu dapat terfermentasi dan menyebabkan bau tak enak,” jelas peneliti spesialis bau mulut  dari  Tel Aviv University,  Mel Rosenberg.

Isolasi Molekul

Tapi ternyata hal itu tidak selamanya benar. Rosenberg beserta timnya memonitor bakteri bau-bauan yang diproduksi kopi dalam air ludah. Hasilnya justru berlawanan dengan anggapan tadi. Komponen dalam kopi justru mampu meghilangkan bau napas tak sedap. Ia beserta timnya akan mengisolasi molekul penghambat bakteri agar bisa mendapatkan keuntungan antibakteri dari kopi.

“Bukan ekstrak mentah biasa yang akan kami pakai, melainkan materi aktif yang ada di dalamnya,” jelas Rosenberg. Jika temuan tersebut sungguh terbukti maka akan menjadi terobosan baru di bidang ilmu bau mulut. Artinya ada opsi lain penghilang masalah bau mulut di luar permen menthol, obat kumur atau permen karet.
Temuan ini telah dipublikasikan secara detail di  komunitas International Society for Breath Odor Research in Germany.

Diterjemahkan secara bebas dari Livescience.

dari berbagai sumber

About these ads

30 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Bau mulut membuat aku jauh dri psangan ku, karna gak bisa nyium nya

    Maswadi

    10/01/2010 at 7:51 am

  2. q sering bgt gusine melar&bernanah.klo udah sembuh psti kambuh lg.apa ya pnyebabnya&bagaimana cara mengatasinya?thanks

    Anonymous

    02/04/2011 at 6:01 am

  3. Mlut qw suka bau,sariawan qw besarah bngt,
    Dan saya suka malu kalo ngmng ma semua org yg ada di sekeliling saya!!

    Dk

    17/05/2011 at 9:06 am

  4. Bau mulut di karenakan lidah sering bertahi,untuk mengatasinya bagai mana.?

    merdyan

    22/06/2011 at 3:30 pm

  5. biasakan membersihkan lidah dengan sikat lidah
    diikuti dengan berkumur dengan pembersih mulut
    semoga membantu

    informasisehat

    23/06/2011 at 11:45 pm

  6. coba cek pola makan dan pola minum anda, mungkin ada makanan yang menyebabkan bau
    atau cek juga gigi anda mungkin ada yang berlubang
    harus agak sering makan buah buahan plus suplemen vitamin C

    rajin bergosok gigi ditambah dengan berkumur dengan antiseptik.

    jangan lupa sharing terus ya

    informasisehat

    24/06/2011 at 12:00 am

  7. keshatan mulut perlu dijaga
    bisa membiasakan memeriksakan gigi
    biasakan membersihkan dengan baik plus cairan pembersih gigi

    jaga juga asupan makanan, buah buahan adalah pilihan terbaik
    jangan lupa minum teratur

    kalo masih berlanjut, konsul ke dokter terdekat

    informasisehat

    24/06/2011 at 12:07 am

  8. Herba ZS, solusi sembuhkan BAU MULUT secara menyeluruh, klik http://sembuhbaumulut.blogspot.com

    solusisakit

    03/07/2011 at 11:13 pm

  9. Kawan ,,, sebetulnya kebanyakan bau mulut itu karena karang gigi di bagian belakang gigi kita , ini karena kebanyakan orang kita tahunya sikat gigi itu bagian depan saja supaya gigi kelihatan putih , akibatnya bagian belakang tidak shg karang gigi menumpuk dan menyebabkan bau mulut yg tak sedap, walaupun anda sikat gigi berkali-kali kalau depan saja , maka nafas akan tetap tdk sedap. Pengalaman ini terjadi pada saya, waktu itu sampai saya periksa ke dokter utk menangani masalah ini , dokter tidak bisa mengatasinya, inspirasi itu timbul setelah saya melihat Upin Ipin di TV ternyata sikat gigi yg baik putar kecil – kecil bag depan ,atas bawah dan belakang, lebih efektif lagi kalau bersihkan karangnya dulu di dokter gigi lalu rutinkan SIKAT GIGI SETIAP MAU TIDUR DEPAN ATAS BAWAH DAN BELAKANG,juga setiap setelah mandi, jangan terlalu keras supaya tdk berdarah, krn berdarah juga bisa membuat nafas kurang sedap tapi tdk terlalu ,dibanding karang gigi bag belakang yang tidak pernah disikat SEMOGA BERHASIL

    Anonymous

    20/07/2011 at 2:17 pm

  10. terima kasih yang telah mengunjungi blog ini dan berkenan berbagi

    informasisehat

    04/08/2011 at 12:25 pm

  11. Kombinasi Herba ZS & ND, solusi kesembuhan BAU MULUT yang bersumber lendir, maag, amandel, dan penyakit dalam lain

    Herba Bau Mulut

    04/08/2011 at 3:10 pm

  12. makasih atas kunjungan anda

    informasisehat

    13/08/2011 at 12:50 am

  13. istri ku dari masa pacaran sampai sekarang nafas nya bau apa ya obat nya

    purwatmoko

    20/02/2012 at 11:47 am

  14. Saya tiap hari sikat gigi truz. Tpi knapa mulut qu masih bau truz,,
    ..aq jadi malu ma tman” qu

    Anonymous

    26/02/2012 at 1:21 pm

  15. Makasiih untuq info.y , , cukup bermanfaat untuq sayaa.

    Sayyidah

    21/03/2012 at 7:03 am

  16. apakah lemah jantung juga bisa menjadi sumber utama BAU MULUT ..???

    dariyono

    12/07/2012 at 9:53 pm

  17. bagaimana cara menghilngkan karang gigi tanpa harus ke dokter???

    Anonymous

    31/08/2012 at 12:36 pm

  18. Bagaimana kalo setelah skat gigi itu malah mlutnya mjd kering dan bau ,
    aku sudah rajin sikat gigi, minum air putih dan sering makan buah,
    tapi kalo stelah makan, selang waktu malah bau mulut.
    Aku jg ngerasa lidah ku sepet banget rasanya,
    bagaimana ini cara ngatasinya??

    Anonymous

    06/10/2012 at 3:17 pm

  19. bau mulut sangat menggangguku terutama saat q bicara pada teman – teman q mereka terganggu sekali apalagi pada pacar q dan bagaimana cara mengatasinya y ??????

    Anonymous

    10/10/2012 at 11:48 am

  20. terimakasih, ini menjadi referensi saya :)

    dnd

    17/10/2012 at 12:56 pm

  21. Setiap 6 bln sekali aq skeling gigi,2 x sehr gosok gigi…..tp kenapa napasku tetap bau??????

    Anonymous

    06/11/2012 at 9:00 am

  22. kenapa sich napas ku baukk . .
    padahal aku sering ngemil bombon dan makanan buah² han
    tapi setelah itu nafas ku kembali lai seperti semula .
    gi mana ya mengatasinya ??

    selli

    05/12/2012 at 9:47 am

  23. saya sih biasanya dengan rebusan daun sirih paling manjur untuk menghilangkan bau mulut.

    Alid Abdul

    28/01/2013 at 2:20 am

  24. aku juga seorang penderita semacam ini, satu ketika temanku ngomong jujur dengan saya katanya pencernaanku kurang bagus. dia sarankan untuk minum banyak air. apakah cara ini salah satu yang sangat manjur? I need your help, friends.

    Anonymous

    21/03/2013 at 8:47 am

  25. penyebab bau mulut kan banyak, untuk tahu pastinya bagaimana caranya? kebetulan sy penderita TB kelenjar getah bening sdh 4 tahun bermasalah dg bau mulut

    fitriyati

    02/04/2013 at 5:36 am

  26. terimakasih atas saran dan masukannya
    GBU

    Anonymous

    17/06/2013 at 11:18 pm

  27. Gigi saya berlubang cukup besar itu penyebab mulut saya bau, gimana cara mengatasinya agar gigi yg berlubang bisa tumbuh kembali atau dicopot?

    febrian

    03/08/2013 at 1:20 pm

  28. aku juga. bete

    Anonymous

    02/09/2013 at 9:26 am

  29. saya mengalami bau mulut selama 7 tahun :'( :'( dan sampai sekarang saya masih menderita karna penyakit ini
    mau bilang keu orang tua tapi saya malu mass saya harus kaya gimana ngadepin ini cobaan :'( :'(

    Lianty

    04/11/2013 at 6:14 am

  30. Bau mulut itu tergantung pola hidup anda sekalian sodara…
    dan itu sudah dijelaskan oleh penulis di atas…

    FiQRhoeL

    17/06/2014 at 12:13 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: