HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

Atasi Kolesterol Bukan Hanya dengan Mahkota Dewa

leave a comment »


Dari pengalaman selama beberapa tahun mengelola Klinik Herbal Mahkota Dewa, ternyata gangguan kolesterol tidak cukup hanya diatasi dengan mahkota dewa. Herbal yang digunakan, kita pilih yang mampu meluruhkan air kencing (diuretik) dan mampu membuang lemak di dalam darah. Selain mahkota dewa, beberapa herbal lain yang bisa membantu penderita kolesterol antara lain akar alang-alang, pegagan, temulawak, teh hijau, daun salam, tempuyung, tapak liman dll.

Selain dengan ramuan herbal, lemak di dalam tubuh kita sebenarnya juga bisa dikeluarkan melalui olahraga sehingga banyak keringat yang keluar. Minum air putih sebelum makan dan banyak mengonsumsi jus buah juga bisa membantu mengeluarkan dan membersihkan lemak di dalam tubuh.

Pelayanan di klinik Herbal Mahkota Dewa yang saya kelola selalu mencatat dan mempertimbangkan berbagai keluhan pasien lalu kami evaluasi dan kami tentukan ramuan yang tepat. Pasien yang menderita kolesterol, tetapi tekanan darahnya rendah, terapi herbal yang diberikan tentu saja tidak sama dengan pasien yang tekanan darahnya tinggi. Pasalnya, masing-masing herbal mempunyai kekurangan dan kelebihan. Sangat bijak bila memanfaatkan herbal tidak tunggal tetapi digabungkan dengan herbal lain yang sifatnya bisa menutupi kelemahan dari herbal yang lain.

Apabila ingin membuat ramuan sendiri perlu dipertimbangkan kondisi kesehatan masing-masing orang dan perlu dikonsultasikan terlebih dulu dengan orang yang benar-benar paham dengan tanaman obat. Pasalnya, cara pengolahan dan dosis minum yang tidak benar bisa berakibat menyakiti diri sendiri.

Dari berbagai pengalaman yang selama ini saya alami, buah mahkota dewa, mengkudu, sambiloto, dan jahe apabila dikonsumsi sembarangan tanpa mempertimbangkan kondisi tubuh secara keseluruhan justru bisa menyebabkan sakit maag dan gangguan pencernaan. Herbal yang bisa melindungi maag dan memperbaiki fungsi pencernaan bisa digunakan untuk menangkalnya, misalnya temulawak, temu mangga, dan temu putih.

B. Pengertian Kolesterol

Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Kolesterol juga merupakan lemak hewani yang tidak larut oleh air yang merupakan komponen terbesar dalam darah. Bahan yang berwujud seperti lilin ini berada di dalam sel darah hewan dan manusia.

Sesungguhnya, lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh di samping zat gizi yang lain, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Karena itu, kolesterol dibawa oleh lipoprotein ke bagian tubuh yang memerlukannya. Kolesterol atau komponen lemak ini merupakan sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi dan sangat dibutuhkan tubuh, terutama untuk membentuk dinding-dinsing sel dalam tubuh. Selain itu, kolesterol juga berguna untuk pembentukan asam empedu, hormon-hormon steroid, dan vitamin D.

Masalahnya, apabila kolesterol dalam tubuh kita sampai melebihi batas kebutuhan atau tertimbun di dalam dinding pembuluh darah akan menyebabkan suatu kondisi yang disebut dengan aterosklerosis, yakni penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kadar kolesterol yang tinggi ini akhirnya dapat menyumbat aliran darah. Apabila penyumbatan terjadi di jantung, tentunya dapat menyebabkan serangan jantung. Apabila penyumbatan terjadi di otak, dapat menyebabkan serangan otak alias stroke. Kondisi seperti ini biasanya juga ditandai degan meningkatnya tekanan darah yang tinggi alias darah tinggi.

Hampir bisa dipastikan, bagi mereka yang bertubuh subur atau mengalami obesitas, biasanya kolesterol di dalam tubuhnya juga tinggi. Sebaliknya, bagi yang bertubuh kurus, belum tentu aman dari serangan kolesterol tinggi. Biasanya penderita kolesterol tinggi sering menderita tekanan darah tinggi, tetapi bisa saja tekanan darahnya rendah. Bagi yang tekanan darahnya rendah, terapi herbal yang dilakukan harus lebih hati-hati karena sebagian besar herbal yang berfungsi menurunkan kolesterol biasanya juga menurunkan tekanan darah.

Kolesterol yang kita butuhkan secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Produksinya bisa meningkat berlebihan sekaligus membahayakan apabila makanan yang dikonsumsi berasal dari lemak hewani, telur, keju, seafood, dan gorengan.

Jadi, sesungguhnya kolesterol bisa menjadi teman, sekaligus lawan. Apabila kolesterol yang kita butuhkan nilainya di bawah normal, ia bisa menjadi sahabat atau teman kita. Sebaliknya, bila di atas normal, bisa menjadi musuh yang harus dilawan.

Info artikel ini diambil dari buku mengusir kolesterol bersama mahkotadewa karya Ning Harmanto, dicetak oleh PT AgroMedia Pustaka.

Written by informasisehat

20/04/2009 at 4:24 am

Posted in kolesterol

Tagged with ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: