HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

Sehat dengan Diet Tinggi Serat

leave a comment »

Serat adalah salah satu bagian makanan yang terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh. Umumnya, kita hanya mengkonsumsi kira-kira 10 gram serat per harinya. Sedangkan para ahli kesehatan, seperti ”Surgeon General” menganjurkan 35-40 gram serat per hari, sementara American Cancer Society and National Cancer Institute menyarankan 20-30 gram serat per hari.

Makanlah lebih banyak serat. Mungkin Anda sudah pernah mendengarnya sebelumnya. Tetapi, tahukah Anda betapa pentingnya serat bagi kesehatan? Serat memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Serat sudah umum dikenal dalam hal mencegah sembelit, tetapi mungkin banyak yang belum tahu ternyata serat juga bermanfaat dalam hal penurunan resiko terkena kencing manis dan penyakit jantung.

Apa itu diet serat?

Serat merupakan komponen bahan makanan yang tidak dapat dicerna dan diserap oleh tubuh. Tidak seperti komponen makanan yang lain (seperti lemak, protein atau karbohidrat yang dapat dicerna dan diserap oleh tubuh), serat tidak dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, serat lewat hampir tanpa perubahan melalui lambung, usus halus dan usus besar.

Serat digolongkan ke dalam dua kategori:
1.    Serat yang tidak larut air.
Serat ini tidak larut di dalam air dan dapat membantu memperlancar buang air besar. Serat tidak larut akan menyerap air, membuat feses berukuran lebih besar, lebih lunak sehingga akan menjadi mudah dikeluarkan. Serat tidak larut ini dapat membantu mencegah wasir. Tepung gandum, tepung terigu, dedak gandum, kacang-kacangan dan banyak sayur-mayur merupakan sumber  dari serat yang tidak larut air.

  1. Serat yang larut air.
    Serat jenis ini larut di dalam air untuk membentuk suatu material yang seperti ‘gel’. Serat ini akan mengikat lemak sehingga lemak tidak akan diserap oleh tubuh melainkan akan dikeluarkan dari tubuh bersama feses. Serat ini berperan menurunkan kadar kolesterol darah. Anda dapat menemukan jenis serat yang dapat larut di dalam gandum, kacang polong, kacang-kacangan, buah-buahan (apel, jeruk), wortel, dan psyllium.

Jumlah dari tiap jenis dari serat bervariasi di dalam setiap makanan. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih besar, perlu makan bervariasi dari makanan-makanan yang mengandung serat.

Manfaat-manfaat serat:

Suatu diet yang tinggi serat mempunyai banyak manfaat, yaitu:

  1. Mencegah sembelit.
    Diet kaya serat akan meningkatkan ukuran dan memperlunak konsistensi dari feses. Feses yang besar ukurannya akan lebih mudah dikeluarkan, mengurangi kemungkinan sembelit. Jika Anda diare atau kotoran Anda encer/berair, serat akan  membantu mengeraskan kotoran karena serat menyerap air.
  2. Menurunkan resiko terhadap gangguan  pencernaan.
    Suatu diet yang tinggi serat  akan menurunkan resiko dari gangguan pencernaan seperti, wasir, irritable bowel syndrome (IBS) dan  diverticular disease (terdapatnya kantong-kantong kecil di dalam usus besar). Konsistensi feses yang lunak akan membantu mengurangi kerja gerakan otot rectal dan mengurangi tekanan pada rectum sehingga wasir dapat dicegah.
  3. Menurunkan kadar kolesterol.
    Serat yang dapat larut yang ditemukan di dalam kacang-kacang, gandum, dan dedak gandum akan membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat dapat mengikat kolesterol dan asam empedu dan membawanya keluar dari tubuh bersama-sama dengan feses sehingga konsentrasi lemak dalam darah menurun dan kemungkinan resiko sakit jantung juga akan menurun
  4. Mengendalikan gula darah
    Serat, terutama sekali serat yang dapat larut, dapat memperlambat penyerapan gula, yang untuk orang-orang dengan kencing manis, dapat membantu mengontrol kadar gula darahnya. Suatu diet yang tinggi serat boleh jadi mengurangi resiko terkena kencing manis type II.
  5. Mengontrol berat badan/membantu diet
    Mengkonsumsi makanan tinggi serat dan mengurangi konsumsi lemak dan gula yang berlebih dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dapat dibuktikan, karena makanan tinggi serat menghasilkan energi kurang dari lemak dan gula /karbohidrat. Selain itu, serat menimbulkan perasaan kenyang sehingga konsumsi makanan dapat dikurangi.
  6. Mencegah kanker kolon
    Serat dapat mempercepat lewatnya makanan di dalam saluran pencernaan sehingga memperpendek waktu transit dam mencegah paparan bahan penyebab kanker pada jaringan pencernaan.

http://fengshuisehatbugar.wordpress.com

Advertisements

Written by informasisehat

05/05/2009 at 8:00 am

Posted in serat makanan

Tagged with ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: