HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

Mencegah Batu Ginjal dengan makanan

with 3 comments


Batu ginjal dapat terbentuk lewat makanan yang Anda konsumsi. Bila Anda bertempat tinggal di daerah perkapuran, risiko terjadinya batu ginjal akan semakin besar. Risiko laki-laki menderita batu ginjal lebih tinggi ketimbang perempuan. Cegah pembentukan batu ginjal sedini mungkin. Jika sudah menderita batu ginjal, bukan tidak mungkin Anda harus mengeluarkan puluhan juta rupiah untuk mengeluarkan batu ginjal tersebut dari tubuh Anda.

Menurut Dr. Bernard S. Tjandra. Sp.BU dari RS Gading Pluit, batu ginjal terbentuk karena kurang minum, kurang bergerak, kelebihan ion litogenik (kalsium, oksalat, fosfat dan urat), kekurangan inhibitor (asam urat, glikosaminoglikan), kelainan saluran kemih dan tumor di atas gondok serta kehilangan cairan tubuh karena dehidrasi dan kepanasan.

Kristal penyebab terbentuknya batu dapat disebabkan kalsium yang banyak terdapat dalam susu; oksalat yang terdapat dalam teh, bayam dan coklat; serta fosfat dari sayuran daun singkong. “Mengonsumsi jeroan, hati, jantung, dan otak dapat pula menimbulkan kadar urat di ginjal menjadi berlebih,” ujar Bernard dalam media gathering di RS Gading Pluit, belum lama ini.

Vitamin C berlebih dalam tubuh juga dapat membentuk batu oksalat di dalam ginjal namum semua itu sebetulnya bisa dikembangkang dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam sitrat yang banyak terdapat dalam jeruk lemon dan jeruk nipis, dan glycosaminoglycan yang berada dalam rumput laut.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis dapat mencegah timbulnya batu ginjal dan kekambuhan batu ginjal, khususnya batu ginjal kalsium idiopatik. Demikian, penelitian yang dilakukan Prof. Sja’bani, Kepala Instalasi Renal RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Sja’bani dan Dr. Djoko Rahardjo, Sp.PD KGH dari FKUI/RSCM meneliti keluarga penderita batu ginjal pada tahun 1996. Pada laki-laki keuarga tersebut terdapat batu ginjal dan keluarga perempuan tidak ada batu ginjal sama sekali. Setelah ditelusuri, ternyata keluarga perempuan tersebut suka mengonsumsi jeruk nipis yang ditujukan untuk melangsingkan tubuh.

Hasil penelitian lebih lanjut, jeruk nipis mengandung sitrat yang tinggi yang dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Pasalnya, penderita batu ginjal memiliki kadar sitrat yang rendah.

Jeruk nipis lokal (citrus aurantifolia swingle bulat) memiliki kandungan sitrat 10 kali lebih besar ketimbang jeruk keprok. Sedangkan dibandingkan jeruk manis, jeruk nipis memiliki kandungan sitrat enam kali lebih tinggi. Jeruk nipis lokal memiliki kandungan sitrat sebesar 55,6 gram/kg, jeruk keprok (citrus nobilis lour) 5,4 gram/kg dan jeruk manis (Citrus sinensis Osb) mencapai 8,75 gram/kg.

Dikonsumsi sesudah makan malam
Mengonsumsi jeruk nipis setiap hari berdampak baik bagi kesehatan ginjal Anda. Biasanya sitrat di dalam air kemih pada penderita batu ginjal paling rendah pada malam dan menjelang pagi hari. Jadi pemberikan jeruk nipis menjadi lebih bagus hasilnya bila dikonsumsi sesaat sesudah makan malam.

Cara mengonsumsinya: peras dua buah jeruk nipis berukuran sekitar 4,5 cm yang diencerkan dalam dua gelas air. Konsumsi malam hari sesaat sesudah makan malam.

Batasi makanan tertentu
Mengingat jenis batu ginjal idiopatik ditemukan pada 80 persen penderita batu ginjal, maka pencegahan batu ginjal jenis ini sangat penting. Yaitu dengan cara membatasi mengonsumsi garam atau makanan yang asin, mengonsumsi masukan kalsium yang cukup dan protein rendah fosfat. Dengan cara makan seperti itu diharapkan dapat menurunkan atau mencegah terjadinya batu ginjal sehingga ginjal Anda tetap terjaga kesehatannya dan dapat berfungsi dengan baik.

Pencegahan Batu Ginjal

  • Minum cukup 2 – 2,5 liter per hari
  • Hindari minuman atau makanan yang banyak mengandung ion lithogenik berupa coklat, teh, jeroan, seafood, susu dan keju.
  • Konsumsi cukup inhibitor seperti terdapat dalam jeruk nipis dan rumput laut.
  • Banyak bergerak.
  • Tidur telentang.
  • Bila terjadi keluhan sebaiknya secepatnya konsultasi dengan dokter.

http://berbagi.blogdetik.com

Written by informasisehat

20/05/2009 at 4:46 pm

Posted in batu ginjal

Tagged with

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. untuk ibu hamil yg menderita batu ginjal.., apakah boleh mengkonsumsi obat?

    masitoh

    24/03/2010 at 9:02 am

  2. Bagaimana cara mengobati dan pencegahan batu ginjal!

    Pamela

    01/06/2011 at 5:16 pm

  3. penyakit batu karena ada pola hidup yang kurang sehat
    diantaranya adalah kurang minum, dan kurang gerak (banyak duduk)
    coba juga lihat pola makan anda.

    banyak penyakit yang bisa dihindarkan dengan perbaikan pola hidup
    jangan lupa banyak berdoa, karena tak ada yang terjadi di luar kekuasaanNYa

    met menjalani aktivitas moga sehat selalu

    informasisehat

    23/06/2011 at 11:57 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: