HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

Gejala dan Cara Mencegah Flu Babi

with one comment

Mengingat penyebaran Flu Babi yang telah menjangkau atau mencapai Indonesia, ada baiknya kita mengetahui sedikit Gejala dan Cara Mencegah Flu babi. Apakah Flu babi itu? Flu babi adalah penyakit pernapasan yang menjangkiti babi, disebabkan oleh Virus H1N1. penyakit ini sebenarnya sudah ada sejak dulu dan memiliki banyak jenis. Layaknya flu pada manusia, penyakit ini secara konstan bermutasi. Virus H1N1 klasik pada dasarnya tidak terlalu berbahaya. H1N1 Meksiko yang sekarang mewabah inilah yang berbahaya. Virus ini disinyalir sebagai gabungan Informasi genetik dari Virus yang berasal dari manusia, babi dan unggas.

Gejala Flu babi ada beberapa macam. Umumunya gejala penyakit ini seperti gejala pada penyakit Flu pada Umumnya seperti Pilek berat, demam, batuk, sakit tenggorokan, nyeri otot, rasa lelah, muntah-muntah dan diare. Flu babi menular lewat makanan yang berasala dari babi tetapi banyak juga yang menyebar lewat udara serta barang2 yang pernah digunakan oleh penderita Flu Babi.

Tips Mencegah Flu Babi

INILAH.COM, Jakarta – Wabah flu babi yang merebak semakin meresahkan komunitas internasional. Meski berbahaya, penyakit ini bisa dicegah. Tak perlu khawatir, berikut adalah tips untuk mencegah segala jenis flu dan penyakit pernapasan yang ditularkan dari manusia ke manusia.

Tips pertama dan termudah adalah rajin mencuci tangan dengan sabun dan air beberapa kali sehari. “Tak ada yang bisa menggantingkan pentingnya cuci tangan,” demikian pernyataan dari Sekretariat Tim Kerja ASEAN untuk One Health (ASEC-ONE Health) dalam situs resmi mereka, Selasa (28/4).

Hindari terlalu sering menyentuh mata, hidung, atau mulut. Virus flu seringkali menyebar saat seseorang menyentuh permukaan yang terkontaminasi kuman, lalu menyentuh mata, hidung, dan mulut masing-masing.

Jika ada laporan wabah flu, untuk sementara hindari dulu berjabat tangan dan mencium orang lain. Hindari tempat umum jika Anda sakit, untuk mencegah penularan penyakit kepada orang lain. Jangan lupa menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk, hal ini juga bisa mencegah penyebaran virus.

“Jika tak punya tisu atau sapu tangan, tutup bersin atau batuk dengan lengan baju, jangan gunakan tangan untuk menutupinya. Buanglah tisu di tempat sampah dan gunakan masker untuk melindungi orang-orang sekitar,” lanjut tips ASEC-ONE Health.

Sebisa mungkin, jaga jarak dengan mereka yang sehat, sehingga Anda tidak menulari. Ada baiknya jika Anda membiasakan diri dengan gaya hidup sehat. Hindari merokok, tidur cukup, olahraga yang cukup, kelola stres, banyak minum air dan konsumsi makanan sehat yang bernutrisi.

Sehubungan dengan flu babi yang mewabah di beberapa negara, hindari bepergian ke negara yang melaporkan kasus akibat varian baru virus H1N1 itu. Jika sakit, jangan menggunakan pesawat terbang atau transportasi umum lainnya.

“Jika Anda sakit setelah mengunjungi negara yang melaporkan flu babi, segera laporkan pada petugas medis terdekat. Dengarkan otoritas kesehatan di masing-masing tempat,” lanjutnya. Terpenting, selalu ikuti perkembangan terbaru dari wabah flu ini dan tindakan medis yang disarankan oleh otoritas kesehatan setempat. [vin/dil]

http://www.inilah.com/berita/politik/2009/04/28/102619/tips-mencegah-flu-babi/

Tips Mencegah Flu Babi

Masyarakat perlu mengantisipasi penyebaran penyakit flu babi yang disebabkan virus H1N1 dengan mengupayakan pola hidup sehat, kata dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dr Agus Widiyatmoko SpPD MSc.

“Pola tersebut dapat dilakukan dengan mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sesering mungkin. Jika batuk atau bersin, perlu menutup hidung dan mulut dengan tisu, dan membuang tisu itu di tempat sampah atau menggunakan masker,” katanya di Yogyakarta, Selasa (14/7).

Selain itu, menurut dia pada pola hidup sehat sebagai antisipasi penyebaran flu babi, penting pula bagi orang untuk menjaga jarak sedikitnya satu meter dengan orang lain yang menderita sakit flu. Jika mengalami gejala flu segera ke klinik terdekat, dan tinggal di rumah untuk beristirahat.

“Bagi orang yang sudah dinyatakan positif menderita flu babi diharapkan mereka menggunakan masker serta melakukan isolasi diri selama masa inkubasi, yakni sekitar 7-14 hari agar virus tersebut tidak menyebar lebih luas lagi,” ujar Agus, seperti dilansir Antara.

Namun demikian, menurut dia, masyarakat tidak perlu panik karena angka kematian dari virus H1N1 di bawah satu persen. Terlebih gejala virus tersebut dapat diantisipasi dengan melakukan pola hidup sehat.

Selain itu, kata Agus, pada dasarnya tubuh manusia mempunyai kemampuan menghancurkan benda-benda asing yang masuk ke tubuh termasuk virus. Jika daya tahan kuat, virus tidak akan menjangkiti, tetapi jika daya tahan lemah, virus akan mudah menjangkiti.

Ia mengatakan tamiflu pada dasarnya merupakan obat untuk influenza secara umum. Namun, penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan resistensi, sehingga tamiflu harus digunakan secara tepat dan melalui resep dokter.

“Tanpa tamiflu sekali pun, penderita H1N1 dapat sembuh dengan istirahat cukup, karena tubuh mempunyai kemampuan pemulihan,” tutur Agus.

Menurut dia, saat ini flu babi telah menjadi pandemi karena virus H1N1 tidak dapat diprediksi kapan akan datang dan berakhir. Pandemi virus ini telah menjangkiti banyak negara di seluruh benua dan tidak dapat dihentikan.

Dengan demikian, apa yang harus dilakukan negara yang terserang pandemi itu adalah mengurangi dampak flu tersebut agar tidak menyebar lebih luas lagi.

“Untuk itu, perlu ada kesadaran dari orang yang menderita flu jenis ini untuk tidak menularkan kepada orang lain, mengingat penyebarannya sangat mudah,” kata Agus.

Sriwijaya Post – Rabu, 15 Juli 2009 11:38 WIB

Written by informasisehat

15/07/2009 at 12:52 pm

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. 24]Малышки мечтают кончить под твоим пристальным вниманием
    Запретные моменты из жизни Голливудских красавиц. порно сайты с гермафродитами Соси или страдай, грязная шлюха галереи порно фетиш
    Когда родителей нет дома мягкая эротика Царство сладких стонов и возбужённого дыхания.
    Мальчики мечтают чтобы их член оказался в чей-нибудь шоколадной дырочке. порно видео секс больших баб Когда ребятам делают минет, стоны их становятся громче, тела немеют, и только пока их партнеры не ощутят вкуса сладкой спермы на губах, они не смогут прийти в себя. порно видео секс порнуха групповуха секс втроем
    Хотел трахнуть друга? Посмотри как это бывает прямо сейчас вуди ален секс Муже заменитель

    avabeTeekly

    12/08/2009 at 3:15 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: