HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

Cubital Tunnel Sindrome Mengintai Pengguna Ponsel

leave a comment »

Rachmatunnisa – Okezone

WASHINGTON – Dampak negatif ponsel terhadap kesehatan sudah sering dibicarakan. Uniknya hal ini tidak akan menyurutkan jumlah pengguna ponsel. Obat pemangkas untuk menangkal semua ini adalah kesadaran untuk menggunakan ponsel dan perangkat teknologi apapun dengan bijak sehingga tidak membahayakan kesehatan.

Discovery Health News, Kamis (4/6/2009) melansir, seseorang yang senang bertelepon menggunakan ponsel memiliki risiko terkena cubital tunnel sindrome. Adapun gejala-gejala sindrom ini di antaranya mati rasa, perih, atau sakit di lengan bagian depan dan tangan karena tertekannya saraf ulnar. Saraf ulnar berada di dekat tulang ulnar dan berhubungan langsung dengan jari kelingking dan jari manis.

Hal itu disebabkan karena pada saat menelepon, pengguna ponsel terlalu lama membengkokkan siku dan berakibat berkurangnya aliran darah, peradangan, dan tertekannya saraf ulnar.

“Gejala-gejala itu berpotensi menyebabkan hilangnya kekuatan, koordinasi, dan mobilitas otot. Jika tidak segera diobati, sindrom ini akan memburuk. Bahkan dapat membuat seseorang akan kesulitan dalam menulis dan mengetik karena jari manis dan kelingking juga bisa menekuk,” kata Dr Peter J Evans, Direktur Cleveland Clinics’s Hand and Upper Extremeity Center, AS.

Oleh karenanya, Evans menyarankan bagi mereka yang suka berlama-lama mengobrol dengan ponsel disarankan agar menggunakan hands-free headset. Yang lebih penting lagi adalah bisa mengendalikan diri pada saat menggunakan perangkat teknologi sehingga meminimalisir dampak buruk terhadap kesehatan. (srn)

http://m.okezone.com

Written by informasisehat

22/07/2009 at 2:18 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: