HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

Keju Baik untuk Gigi

leave a comment »

KOMPAS.com — “Nutrisi terbaik bisa membantu kita dalam pembentukan tubuh yang terbaik juga,” ujar Paula Shannon Jones, DDS, juru bicara dari  The Academy of General Dentistry. Jadi, apa pun yang kita makan akan memberikan dampak bagi gigi dan gusi kita.

Tetapi, makanan “sehat” pun ada yang bisa menjadi pemicu lubang pada gigi kita. Cermat dalam memilih asupan yang tepat ke dalam mulut kita merupakan langkah pencegahan yang baik. Berikut asupan “sehat” yang benar-benar sehat bagi gigi kita:

Kayu manis
Minyak yang terdapat dalam kayu manis dapat membunuh segala bakteri dan kuman dalam mulut kita. Tidak seperti peppermint, rosemary, dan cengkeh—yang hanya menyamarkan aroma mulut yang tidak sedap—kayu manis benar-benar dapat membunuh bakteri mulut yang memproduksi hydrogen sulfide (penyebab bau mulut). Sebuah penelitian mengungkapkan, mengonsumsi permen karet dengan rasa kayu manis bisa menghilangkan bakteri mulut sampai 50 persen.

Perbanyak asupan makanan berserat
Mengonsumsi buah dan sayuran berserat tinggi, seperti apel, jeruk, dan wortel, sangat baik untuk gigi dan tubuh kita. Makanan berserat tinggi sebenarnya dapat berfungsi sebagai “sikat gigi” yang secara alami akan membersihkan gigi dan membuatnya terlihat lebih putih dan bersinar. Selain itu, vitamin C dalam jeruk sangat diperlukan sebagai penjaga kesehatan jaringan gusi kita. Ada sekitar 25 persen orang yang hanya mengonsumsi vitamin C kurang dari 60 mg memiliki kesempatan lebih banyak untuk terkena penyakit gusi dibanding yang mengonsumsi 180 mg atau lebih, demikian hasil penelitian dari State University of New York University, Buffalo.

Keju dan susu
Produksi air liur akan meningkat secara alami ketika kita mengonsumsi keju. Itu artinya, pada saat sedang memakan keju kita tetap bisa memiliki gigi yang bersih. Kandungan kalsium yang tinggi dalam keju dan susu berfungsi memperkuat tulang alveolar pada rahang agar gigi kita tetap berada di posisinya. Untuk wanita berusia sampai dengan 50 tahun dianjurkan mengonsumsi kalsium sebanyak 1.000 mg/hari dan 1.200 mg/hari untuk yang berusia di atas 50 tahun.

Tips: Gunakan sedotan saat meminum minuman bersoda, isotonik, dan jus. Khusus untuk jus, apakah yang diet atau sugar-free pasti mengandung asam citric dan phosphoric yang bisa mengikis email gigi kita. Itu mengapa, studi dari British Dentar Journal menyarankan meminum minuman dengan sedotan bisa membantu melindungi email gigi dari kontak langsung dengan asam minuman tersebut.

(Astrid Anastasia)

Written by informasisehat

29/07/2009 at 7:03 am

Posted in gigi

Tagged with ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: