HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

Archive for August 28th, 2009

10 Cara Tingkatkan Daya Ingat

with 3 comments

VisionNet – Sebenarnya otak tidak pernah kehilangan daya ingat. Otak dapat merekam segala sesuatu seperti halnya komputer. Meskipun, masalah kehilangan daya ingat bisa terjadi karena kita tidak mempraktekan untuk mengingat informasi sehingga memori yang kita miliki bisa hilang.

Otak seperti bagian tubuh yang lain membutuhkan latihan fisik dan mental bersama-sama dengan nutrisi khusus untuk meningkatkan kekuatan daya ingat. Berikut 10 hal yang bisa dilakukan untuk menjaga daya ingat tetap baik:

Kedelai
Menurut Prof. Sandra File dari Guy’s Hospital, London, kedelai mengandung isoflavones yang dapat bertindak sebagai reseptor estrogen dalam otak manusia, terutama dalam hippocampus sebagai area penting untuk memori sehingga bentuk hubungan saraf baru lebih siap.

Zat besi
Penelitian di Kings College, London dan Universitas Rochester New York menunjukkan bahwa penurunan konsumsi zat besi dapat memiliki dampak detrimental pada tingkat IQ dan fungsi kognitif karena jat besi memainkan peranan penting dalam merubah signal dalam otak.

Kopi
Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.

Latihan Mental
Penelitian menunjukkan bahwa rangsangan mental dapat menjaga otak sehat dan meningkatkan kekuatan daya ingat. Orang yang memiliki daya ingat bagus cenderung memiliki berbagai keinginan dan dapat mengatasi tantangan latihan mental. Latihan mental dapat menggunakan teknik seperti puzzle, teka-teki dan minat pada bidang sosial dan budaya.

Latihan fisik
Setengah jam melakukan latihan fisik sebanyak tiga kali dalam seminggu cukup berdampak pada peningkatan kekuatan otak. Olah raga dapat memperbaiki kemampuan jantung untuk memompa darah lebih efektif.

Mengunyah permen karet
Para peneliti Jepang menemukan bahwa aktifitas dalam hippocampus mengalami peningkaan saat orang sedang mengunyah permen karet. Tetapi Dr. Andrew Scholey dari Universitas Nothumbria mengatakan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan denyut jantung sehingga memperbaiki oksigen yang dikirim ke otak dan meningkatkan kekuatan kognitif.

Ginkgo biloba
Ginkgo biloba digunakan sebagai obat penguat daya ingat selam beribu-ribu tahun yang lalu. Menurut Dr. George Lewith ginkgo dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak dengan membesarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan suplai oksigen.

Minyak ikan
Minyak ikan banyak mengandung asam lemak omega 3 yang merupakan komponen penting dari membran sel otak dan dapat memperbaiki kekuatan daya ingat.

Rosemary dan sage
Minyak dari tumbuhan ini dapat merangsang memori, memperkuat kejernihan dan kesadaran dan membantu menyembuhkan kecapaian mental.

Vitamin B
Vitamin B berfungsi mengirimkan oksigen ke otak dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan bebas. Vitamin B mempertajam dan meningkatkan daya ingat.

Niacin atau B3 sangat baik untuk memperkuat otak, sementara B6 penting untuk memproduksi neurotransmitter terutama untuk meningkatkan mood. B12 baik untuk kesehatan otak secara keseluruhan. Vitamain B juga dibutuhkan untuk membantu tubuh membentuk acetylcholine, suatu bahan kimia otak yang dibutuhkan untuk daya ingat.

Penyakit Lupa & Rahasia Menguatkan Daya Ingat

Hal-hal yang bisa menyebabkan penyakit lupa:

– Makan kepala ikan
– Organ dalam binatang seperti hati. Limpa, jantung, perut dan yang sejsenisnya kecuali atas nasihat dokter untuk keperluan kesehatan.
– Makan Makanan yang tercemar oleh semut karena semut dipercaya mengandungi sejenis kimia yang menyebabkan daya ingatan menjadi lemah.
– Jangan makan berlebihan
– Jangan minum air antara suapan makan. Maksudnya, jangan minum
sebelum anda selesai makan.

Selain dari itu, hindari benturan yang kuat pada kepala. Benturan di kepala yang kuat dan terlalu sering akan mengakibatkan kadar sejenis bahan kimia yang disebut dopamin akan berkurang di dalam sel-sel otak. Lalu mengakibatkan daya ingat yang lemah.

Rahasia Menguatkan Daya Ingat

Untuk menguatkan daya ingat,dengan rahmat dan kasih sayang Allah SWT, kita dikurniakan makanan yang baik dan dapat menguatkan sistem saraf kita. Diantara jenis makanan yang bisa meningkatkan fungsi ingatan adalah:

– Buah anggur hitam
– Madu lebah
– Susu
– Air zam zam
– Kismis
– Jus wortel & madu
– Kurma
– Ikan tuna
– Tempe

Itu hanyalah sebagian dari makanan yang bisa meningkatkan daya ingatan manusia.

Selain dari itu, oksigen juga amat penting untuk merangsang otak supaya senantiasa cekatan dan cerdas. Satu teknik mengawali pernafasan yang amat baik diamalkan adalah dengan menarik nafas sebanyak 7 hitungan, kemudian tahan nafas sebanyak 14 hitungan. Lakukan terus hal ini terutama ketika sedang letih.

Sumber    :  pintunet.com

Banyak Makan Lemak Perhambat Daya Ingat !

leave a comment »


MERUYAKNYA makanan junk food memang membuat anak-anak lebih ceria dan asik. Ketika mengajak bocah ke mal, biasanya telunjuknya menuding salah satu dari makanan siap saji yang berorientasi western. Tetapi perlu diingat, makanan seperti itu mengandung lemak cukup tinggi. Menurut penelitian, lemak jahat dapat menghambat perkembangan mental anak-anak. Bahkan, sering menyebabkan terganggunya daya ingat.

Memang, penelitian awal dilakukan terhadap tikus. Bukan berarti menyamakan anak-anak dengan santapan kucing itu, tapi begitulah ulah para ilmuwan. Tikus diberi makanan dengan tambahan lemak 10% . Setelah beberapa bulan, tikus-tikus itu menunjukkan proses mengingat lebih lambat dibanding tikus yang mendapatkan lemak normal. Tentu saja, percobaan dari Baycrest Centre for Geriatric Care di Toronto, Kanada itu mengejutkan para peneliti. Disimpulkan, dengan kandungan lemak yang tinggi dalam darah, dampaknya, dapat mengganggu kinerja seluruh percobaan.

Lemak yang menebar lewat aliran darah, mencegah kerja otak dalam menyerap seluruh energi dari gula darah, sehingga menyebabkan terjadinya gangguan pada perkembangannya. Hal ini bila diterapkan pada anak-anak, betapa berbahayanya. Sebab, pada anak-anak, otaknya masih lebih rapuh dibanding otak orang dewasa.

Kebiasaan makan ayam goreng, pizza, hotdog dan makanan sejenis yang senantiasa melibatkan bahan-bahan berlemak, ternyata berbahaya bagi perkembangan daya ingat anak-anak. Apalagi disertai gaya hidup yang kurang gerak dan senantiasa mengonsumsi makanan kaleng, hal itu merupakan penyebab terjadinya kegemukan. Artinya, orang dengan berat badan berlebih, notabene kelebihan lemak, otaknya tidak secerdas orang dengan lemak cukup. [Sumber]

http://artikel-kesehatan-online.blogspot.com

Written by informasisehat

28/08/2009 at 12:17 am

Makanan Sehat Guna Pertajam Daya Ingat

leave a comment »


Apakah Anda sering lupa mengingat tempat menyimpan kunci atau lupa mengingat nama seseorang? Mungkin saja makanan yang Anda konsumsi selama ini tidak membuat daya ingat jadi tajam. Padahal gejala pelupa bisa dicegah sejak dini. Nutrisi yang baik dan cukup dalam tubuh mampu menopang fungsi kognitif pada tubuh dan juga dapat meningkatkan daya ingat. Penurunan daya ingat dapat dihindari sejak dini, bahkan pada saat masih didalam kandungan. Beberapa info dan tips yang dapat membantu untuk mempertajam daya ingat Anda, yang meliputi berbagai tahapan :

Selama masa kehamilan
Para wanita yang mengkonsumsi ikan yang mengandung lemak omega 3 seperti salmon saat hamil, terutama pada tiga bulan pertama masa kehamilan cenderung memiliki bayi yang mepunyai kemampuan kognitif lebih baik dibandingkan dengan bayi biasanya. Hasil penelitian menemukan bahwa asam lemak omega 3 DHa sangat dibutuhkan selama kehamilan untuk membangun saraf yang lebih baik. Karena itu sebaiknya wanita hamil mengkonsumsi banyak ikan salmon, atau jenis ikan lainnya yang mengandung lemak omega 3 yang tinggijuga telur dan yoghurt.

Bayi dan Balita
Saat usia 5-6 bulan, cadangan zat besi dalam tubuh bayi telah digunakan ketika mereka lahir dan akan terus digunakan dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karenanya dibutuhkan tambahan zat besi dari makanan yang dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kinerja otak. Sereal yang diperkaya zat besi sangat baik untuk dikonsumsi bayi.

Anak-anak
Anak-anak pada usia sekolah seharusnya memulai hari mereka dengan menu sarapan yang rendah kadar gulanya. Seperti sereal, oatmeal, atau juga roti gandum.

Remaja
Sepuluh persen wanita di dunia ini terkena anemia. Dari studi terbaru menunjukkan bahwa mereka yang kekurangan zat besi terganggu proses belajarnya, kemampuan mengingat, dan juga perhatian. Untungnya, dalam proses pemulihan atau peningkatan zat besi bersamaan juga dalam pemulihan fungsi kognitifnya. Bagi yang mengalami kekurangan zat besi sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi kacang, daging, kedelai, dan juga sayuran yang berwarna hijau.

Dewasa
Orang-orang yang mengkonsumsi berbagai jenis buah-buahan dan juga sayuran tak mengalami penurunan fungsi kognitif yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang jarang atau bahkan tidak mengkonsumsi buah dan sayur sama sekali. Karena buah dan sayuran tersebut dapat menghasilkan antioksidan yang dapat menghentikan pertumbuhan radikal bebas dalam tubuh dan juga menjaga sistem saraf dari kerusakan. Buah-buahan yang kaya akan antioksidan adalah beragam jenis berry. Selain itu kunyit juga kaya antioksidan karena mengandung kurkuma.

Sumber diperoleh dari berbagai sumber

Written by informasisehat

28/08/2009 at 12:15 am

Posted in makanan dan daya ingat

Tagged with , , , , , , , , , , , , , , ,

10 makanan peningkat daya ingat

with one comment

1. Salmon
Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 – DHA and EPA – yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli walaupun tuna mengandung asam omega-3, namun ikan ini tidaklah sekaya salmon.

2. Telur
Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

3. Selai kacang
“Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

4. Gandum murni
Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oat/Oatmeal
Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari.

Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng — yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

6. Berry
Strawberry, cherry, blueberriy dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutritisi yang di kandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker.

Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3.

7. Kacang-kacangan
Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral.

Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang.

Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya — khususnya ALA – jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .

8. Sayuran berwarna
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

9. Susu dan Yogurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim.

Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan.

Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

10. Daging sapi tanpa lemak
Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolag. Daging sapi tanpa lemak adalah salah atu sumber makanan yang mengandung banyak zat ebsi.

Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi darai sumrbe lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat.

Khsusus bagi yang vegetarian, Anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai pilihan. Kacang-kacangan adalah adalah sumber penting zat besi nonheme — tipe zat besi yang membutuhkan vitamin C untuk di serap oleh tubuh. Mengonsumsi tomat , jus jeruk, strawberry dan kacang-kacangan juga dapat dipilih sebagai upaya mencukupi kebutuhan zat besi.

Selain makanan, agar cerdas ya jelas kita harus banyak olahraga biar stamina kita tetap terjaga dan istirahat yang cukup.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1841353

Jangan sepelekan minum

leave a comment »

Minum Air Akan Membuat Sehat

Semua orang pasti setuju bahwa air sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup makhluk hidup. Air diperlukan oleh tumbuhan sehingga menjadi produsen bagi binatang atau manusia juga sebagai elemen dasar dalam mata rantai kehidupan. Bagi sebagian binatang, selain untuk minum, air juga menjadi tempat tinggal mereka. Tidak mengherankan bahwa bumi diciptakan dengan sebagian besar terdiri dari air. Begitu juga, dengan tubuh kita, 80% terdiri dari air.

Manfaat Air

Mengingat pentingnya air, maka anjuran yang diberikan adalah agar kita meminum air sedikitnya 8 gelas sehari atau sekitar dua hingga dua setengah liter air. Berikut adalah beberapa manfaat air bagi tubuh:

Membuat tubuh lebih sehat

Apabila asupan air mencukupi, hal ini dapat membantu agar distribusi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga semua sel dalam tubuh dapat memperbaiki diri dengan nutrisi tersebut. Dengan minum air sesuai anjuran juga akan meringankan kerja ginjal dan hati sehingga dapat membantu kita terhindar dari penyakit ginjal dan hati.

Memperlancar pencernaan

Minum air membantu pembuangan racun hasil metabolisme lebih lancar. Ini akan membantu kita terhindar dari penyakit pada pencernaan seperti sakit maag dan sembelit.

Menambah kecantikan alami

Kekurangan air akan membuat kulit kita terlihat kering dan berkerut. Air akan membantu menjaga kulit agar tetap kenyal sehingga terlihat awet muda dan cantik alami.

Membuat langsing

Air dapat menurunkan berat badan. Mengapa? Karena air tidak berkalori, bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah natrium.Selain itu, air membantu tubuh menguraikan lemak yang tersimpan.
Bagi yang sedang berdiet, air dapat menjadi teman yang tidak boleh dilupakan. Dengan meminum air hangat sebelum makan, akan membantu kita merasa kenyang sehingga akan mengurangi selera makan dan mengurangi porsi makan kita. Minum air juga tidak akan membuat gemuk karena air tidak mengandung kalori, gula dan lemak.

Meningkatkan kesuburan

Untuk Anda yang sedang merencanakan kehamilan, ternyata air dapat membantu meningkatkan kesuburan karena akan merangsang produksi hormon testoteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita.

Air Minum

Mengingat pentingnya air, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana memilih air minum yang sehat. Bila air minum tidak bersih bisa menyebabkan diare atau penyakit lainnya. Sedangkan saat ini ada berbagai jenis air minum yang ditawarkan seperti air tanah, air dari Perusahaan Air Minum (PAM), Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), air mineral dan air heksagonal. Apa saja perbedaan dari masing-masing jenis air tersebut?
Air tanah

Bagi penduduk di pedesaan air minum dapat diambil dari air tanah yang diambil dari sumur atau sungai. Tetapi, perlu diwaspadai bila sumber air tersebut berada di kawasan industri atau lokasi pembuangan sampah. Sedangkan di kota-kota besar, misalnya Jakarta, air tanah tidak lagi layak untuk dikonsumsi, karena banyak mengandung bakteri Eschericia coli (E-coli), kandungan besi (Fe) dan Mangan (Mn) serta kadar keasaman (pH) yang melebihi kriteria air minum sehat. Ini disebabkan karena banyaknya polutan yang dihasilkan manusia sehingga merusak air tanah.

Air PAM

Untuk dapat menghasilkan air yang baik, Perusahaan Air Minum (PAM) sebenarnya memiliki teknologi yang sesuai dengan pengolahan air minum, tetapi ini juga dipengaruhi oleh kualitas dari air yang dijadikan sebagai bahan baku apakah air tersebut tercemar atau tidak.

Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)

Adalah air yang diolah dengan teknologi khusus seperti teknologi sterilisasi kemudian dikemas dalam botol plastik atau wadah lainnya. Izin untuk perusahaan ini biasanya baru akan dikeluarkan bila hasil uji laboratorium baik. Agar mendapat air minum yang baik, perusahaan perlu selalu melakukan kontrol terhadap hasil air minum dan merawat peralatan produksinya dengan baik.

Air Mineral

Adalah air yang diperoleh dari sumbernya, umumnya dari pegunungan dan langsung dikemas sehingga terdapat mineral di dalamnya dengan kadar tertentu yang diperbolehkan.

Air heksagonal

Air jenis ini memiliki rangkaian molekul yang terstruktur, berbentuk segi enam sehingga disebut heksagonal. Air jenis ini lebih mudah diserap tubuh, lebih cepat menghantar nutrisi untuk seluruh tubuh, membuang racun sisa metabolisme, serta akan mengoptimalkan metabolisme tubuh.

Secara alami, air ini terdapat dalam sumur air zamzam di Mekah, di pegunungan Alpen, Swiss, dan di Lourdes, Perancis. Selain secara alami, air heksagonal dapat dibuat dengan menggunakan mineral-mineral alami yang dapat membantu pembentukan struktur heksagonal dalam air. Suhu saat pembentukan juga harus diperhatikan karena dapat menyebabkan struktur tersebut menjadi terurai sehingga menjadi air biasa.

Air heksagonal umumnya dijual dalam kemasan, tetapi minuman seperti ini dipercaya lebih menyehatkan untuk tubuh juga dapat mencegah penuaan. Dengan meminum air heksagonal dianggap dapat meningkatkan vitalitas, memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit. Hanya saja, air jenis ini umumnya lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

Sekarang, Anda dapat menentukan mana air minum yang layak diminum. Segera tolak apabila air berwarna, keruh atau berbau. Sedangkan bila membeli air yang dikemas, perhatikan segel tidak terbuka atau bocor.

Berapa Banyak yang Harus Diminum?

Tanpa mengkonsumsi air secara cukup, tubuh dapat mudah terserang penyakit. Maka, jangan lupa untuk mengkonsumsinya minimal 8 gelas setiap hari atau sekitar minimal dua liter air. Setiap hari, sekitar dua liter air terbuang melalui kulit, paru-paru, usus, dan ginjal.

Air yang hilang ini harus diganti agar kita tidak mengalami dehidrasi. Jika Anda kekurangan air atau mengalami dehidrasi, maka beberapa tanda seperti sakit kepala, lelah, pegal, air seni yang pekat, tidak tahan terhadap panas, serta mulut dan mata yang kering akan terjadi pada tubuh Anda.

Berapa banyak air yang harus diminum setiap hari? Bagi orang yang sehat membutuhkan minimal dua sampai dua setengah liter air sehari. Jika Anda berolahraga, maka Anda akan membutuhkan lebih banyak air. Demikian juga jika Anda tinggal di iklim panas. Bagi mereka yang mengalami obesitas, perlu minum segelas air ekstra untuk setiap kelebihan 10 kilogram dari berat badan ideal. Namun, sebaliknya bagi beberapa penderita penyakit tertentu seperti gagal jantung atau gangguan fungsi ginjal, maka beberapa dokter menyarankan untuk tidak terlalu banyak minum air. Ini pun harus dengan rekomendasi dokter ahli.

Jangan gantikan air dengan cairan lain seperti jus buah. Meski membuat tubuh sehat, jus buah mengandung kalori. Demikian juga, minuman yang mengandung gula dan susu, juga akan membuat tubuh membutuhkan banyak air untuk mencernanya. Apalagi jika Anda minum banyak minuman beralkohol atau minuman berkafein seperti kopi dan teh. Minuman-minuman ini memiliki sifat diuretik yaitu senyawa yang meningkatkan aliran seni, sehingga kita perlu minum lebih banyak air guna mengganti apa yang dikeluarkan.

Karena itu, jangan minum air ketika Anda sudah merasa haus. Ketika Anda merasa haus, maka Anda mungkin sudah mengalami dehidrasi. Karena itu, minumlah minimal 8 gelas sehari atau 2 hingga 2,5 liter per hari demi kesehatan Anda. Minumlah segelas air sekarang juga. ***

Written by informasisehat

28/08/2009 at 12:09 am

Posted in air putih

Tagged with ,