HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

2 Menit untuk Hati Lebih Happy

leave a comment »

bad mood

bad mood

KOMPAS.com – Ingin memperbaiki mood yang rusak dalam waktu singkat? Coba saja langkah-langkah sederhana ini.

1. Beres-beres
Kamar atau meja kerja yang berantakan memang bisa membuat kita uring-uringan. Mengapa? Bagi sebagian orang, barang-barang yang berceceran dan berantakan mengingatkan kita pada masalah yang belum diselesaikan. “Akibatnya kita jadi merasa gagal, tak heran bila mood pun jadi rusak,” kata Elaine Aron, PhD, penulis buku The Highly Sensitive Person.

Untuk memperbaiki mood dengan cepat, luangkan waktu sejenak untuk membereskan meja kerja atau rumah. Atur dan letakkan buku-buku, kertas, atau hal lain yang sering tercecer dan memberi kesan berantakan. Suasana yang rapi dan teratur akan memberi kesan semua hal terkendali.

2. Membuka foto lama
Saat Anda sedang merasa down, cobalah untuk membuka-buka kembali album foto si kecil atau foto liburan yang berkesan. Aktivitas ini ternyata bisa membuat kita lebih happy dibanding saat kita memakan cokelat.

Menurut survei yang dilakukan oleh peneliti dari United Kingdom’s Open University, diketahui bahwa melihat-lihat album foto membuat hati lebih gembira dibanding dengan makan cokelat, mendengarkan musik, menonton TV, atau minum alkohol.

3. Ngobrol dengan tetangga
Bersosialisasi dengan seseorang yang ramah di lingkungan tetangga juga efektif untuk membuat kita merasa happy. Yang menarik, menurut penelitian hal ini punya dampak positif lebih besar dibanding dengan menghabiskan waktu bersama saudara kandung.

4. Berwajah ceria
Ada penelitian yang membuktikan bahwa tersenyum dan “memasang” wajah gembira akan membuat hati menjadi lebih cerah. Menurut penelitian itu, seperti halnya postur tubuh yang bagus, perubahan otot wajah juga bisa meningkatkan rasa gembira yang dirasakan.

sapi aja bisa tersenyum

sapi aja bisa tersenyum

Bila Anda bersikap seperti orang yang bahagia, Anda akan merasakan semua konsekuensi sosial yang sifatnya positif. Misalnya saja jadi punya banyak teman dan orang jadi lebih ramah pada Anda. Jadi, ayo tersenyum.
AN

http://m.kompas.com

Kamis, 17 September 2009 | 15:38 WIB

Advertisements

Written by informasisehat

21/09/2009 at 12:23 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: