HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

Olahraga Apa Efektif Bakar Lemak?

with 6 comments

DALAM menjalani program pelangsingan tubuh atau diet, olahraga adalah salah satu faktor yang sangat menentukan. Dengan olahraga yang tepat dan rutin, tujuan pengikisan lemak dalam tubuh pun bisa berlangsung efektif.

Masih banyak orang terjebak anggapan bahwa jenis olahraga yang cepat membakar lemak adalah olahraga dengan intensitas tinggi dan mengeluarkan banyak keringat seperti lari cepat, bersepeda dengan kencang atau mungkin bulu tangkis berlama-lama.

¨Padahal pembakaran lemak yang efektif justru dapat terjadi melalui olahraga berintensitas rendah, namun dengan durasi yang cukup lama,¨ ungkap spesialis nutrisi klinis dan konsultan diet dr. Samuel Oetoro M.S. SpGK di Jakarta, Selasa (29/4).

jalan kaki diatas 30 menit akan membakar lemak

jalan kaki diatas 30 menit akan membakar lemak

Olahraga yang paling efektif mengikis lemak tubuh, terang dr. Samuel, harus berintensitas rendah hingga sedang. ¨Anda bisa berjalan kaki santai di atas 30 menit, atau pun berenang dengan gaya dada pelan-pelan lebih dari setengah jam,¨ tandasnya. Supaya efektif, olahraga ringan ini minimal harus dilakukan lebih dari 30 menit.

¨Kenapa? Karena saat kita bergerak, tubuh menghabiskan energi dari glukosa (karbohidrat) dalam darah serta cadangan gula yang ada otot dan sel hati (glikogen). Cadangan ini baru akan habis bila Anda bergerak selama 30 menit,¨ jelasnya.

Nah, lanjut dr. Samuel, bila Anda melakukan olahraga ringan di atas 30 menit, kemungkinan besar tubuh akan mengambil energi dari sumber cadangan lain yaitu lemak.

Lalu, apa yang terjadi bila Anda melakukan olahraga berintensitas tinggi dalam waktu lama. ¨Yang justru terjadi bukanlah pembakaran lemak, namun protein dari otot,¨ jelas dr Samuel. Saat berolahraga berat seperti berlari, tubuh akan menghabiskan cadangan energi yang konstan dan cepat. Sementara sumber enegi cadangan ini hanya dapat diperoleh dari protein otot dan bukannya lemak.

berenang santai juga akan membakar lemak

berenang santai juga akan membakar lemak

¨Lemak tidak akan bisa menyediakannya karena metabolismenya berlangsung lambat. Oleh karena itu, program diet tidak akan efektif dengan berolahraga berat, karena yang dibakar justru bukan lemak,¨ ungkapnya. Jadi, buat Anda yang ingin menurunkan berat badan, lakukanlah olahraga ringan secara teratur di atas 30 menit.

17 Agustus 2009 23:28 wib
http://www.kompas.com/read/xml/2008/04/30/16105011/olahraga.apa.efektif.bakar.lemak

Advertisements

Written by informasisehat

28/09/2009 at 3:27 am

Posted in tips sehat

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. investasi penting, 30 menit per hari untuk masa datang

    ahmad

    13/10/2009 at 4:26 am

  2. Kalau boleh saya tahu, sumber literatur nya dari mana ya ini?

    evins

    02/12/2010 at 3:33 am

  3. saya kutip dari kompas, tapi kalo ingin lebih jelas lagi bisa dipelajari proses metabolisme lemak dan proses metabolisme karbohidrat.

    informasisehat

    03/12/2010 at 3:32 am

  4. Apakah olahraga skipping lebih dari 30 menit dapat membakar lemak juga?

    nina

    07/08/2011 at 10:32 am

  5. kalau menurut pendapat saya, hasil pengkajian juga
    selama ada aktivitas fisik maka akan terjadi pembakaran

    informasisehat

    13/08/2011 at 12:52 am

  6. saya cwok umur 17th. Berat 60an,udah cob nurunin berat bdan.dngan cra.makan 1xdlm 24jam.tp aktfts sya cuma olahraga ringan saja sepeti berjalan mengelilingi rumah.slma c20mentan, apa bs bkar lmak?brapa bnyak? Hehe tlng jelskan ya.pngen kurus ni

    joni

    08/09/2011 at 6:26 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: