HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

Penyebab Utama Jerawat (Acne)

with 2 comments

Kenali Penyebab Jerawat

Kenali Penyebab Jerawat

Ternyata banyak penyebab jerawat,  diantaranya:

Pertama adalah karena Faktor Genetik

Jika keluarga anda entah itu bapak ibu atau nenek atau kakek anda merupakan penderita jerawat pada waktu masih muda (karena kemungkinan kalau udah usia lanjut mereka sudah tidak berjerawat lagi), maka sangat dimungkinkan jerawat yang anda peroleh sekarang ini merupakan hasil dari keturunan genetika bapak atau ibu anda. Ya, secara genetik jerawat itu bisa diturunkan. Sejarah jerawat keluarga anda bisa menyumbang pada keberadaan jerawat anda.

Kedua adalah Aktivitas Hormonal

Aktivitas hormonal disini dimaksudkan adalah proses perubahan atau siklus hormonal yang terjadi pada seseorang. Semisal ketika menginjak pubertas atau kedewasaan, seseorang akan memproduksi hormon sex (lelaki), yang disebut androgen,  yang lumayan banyak. Sehingga menyebabkan glands (kelenjar minyak) menjadi lebih banyak dan sebum  pun tambah banyak pula . Hal ini menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat secara tekhnis. Pada masa siklus menstruasi perempuan biasanya juga akan terjadi perubahan hormonal yang bisa mengakibatkan timbulnya jerawat.

Beberapa jenis hormon juga sering dikaitkan sebagai penyebab terjadinya jerawat. Semisal androgens testosterone, dihydrotestosterone (DHT), insulit-like growth factor (IGF-I), dan juga dehydroepiandrosterone sulfate (DHEAS).

Orang yang sudah menopause juga biasanya tidak lagi berjerawat karena dia memproduksi hormon anti jerawat secara alamiah. Namun hormon ini akan menyebabkan kulit berkerut dan tipis, vagina jadi kering, osteoporosi, rambut jadi sedikit dan tipis dan akibat lainnya

Ketiga adalah Kelenjar Minyak yang Terlalu Aktif (Hyperactive sebaceous glands)

Kelenjar minyak yang terlalu berlebihan ini bisa saja dimungkinkan karena salah makan atau memang sudah menjadi genetik seorang penderita jerawat. Dengan banyaknya kelenjar minyak maka akan munculnya  minyak yang dihasilkan akan lebih banyak sehingga kemungkinan tersumbatnya folikel dan pori pori kulit. Akibatnya jerawat yang muncul pun akan banyak.

Keempat adalah Menumpuknya Sel Kulit Mati (Accumulation of dead skin cells)

Kulit mati yang menumpuk atau terakumulasi akan menyebabkan  tersumbatnya folikel dan pori pori. Hal tersebut bisa menyebabkan jerawat karena tidak ada jalan keluar bagi kelenjar minyak dan akan menyebabkan terbentuknya komedo. Kalau parah bisa menjadi jerawat yang teinfeksi bakteri jerawat.

Kelima adalah Bakteri pada pori-pori kulit

Bakteri yang berada di dalam pori pori kulit bisa menyebabkan munculnya jerawat adalah propionibacterium acnes (P. acnes). P. acnes merupakan bakteri unaerob yang menyebabkan jerawat.

Keenam adalah Iritasi Kulit atau Garukan yang menyebabkan Peradangan

Ketujuh adalah Anabolic Steroid (lum dapat penjelasannya yang lengkap)

Kedelapan adalah Pil Pengontrol Kelahiran atau Pil KB

Kesembilan adalah lingkungan yang mengandung kadar klorin (chlorine) yang tinggi terutama chlorinated dioxins, sedang yang bisa menyebabkan jerawat yang parah disebut Chloracne.

Kesepuluh, Diet atau Pola Makan

Pola makan seseorang dapat juga berpengaruh terhadap munculnya jerawat di bagian tubuh seseorang. Berikut ini beberapa bahan makanan yang ikut berperan dalam kemunculan jerawat.

Susu

KOMPAS.com – Hubungan antara makanan dengan masalah kulit sejak lama menjadi sorotan pada ahli dermatologi. Salah satunya adalah kaitan antara konsumsi susu dengan timbulnya jerawat.

Alan Logan, ND, penulis buku The Clear Skin Diet, menyebutkan bahwa konsumsi susu sebaiknya dikurangi bila ingin memiliki kulit mulus bebas jerawat. Menurutnya, meski susu termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah, tapi susu mengandung banyak hormon.

“Hormon-hormon dalam susu, bersama dengan kalsium yang tinggi, selama bertahun-tahun sudah dicurigai sebagai penyebab timbulnya jerawat,” kata Logan.

Para ahli kulit menduga susu memercepat sintetis androgen dalam tubuh, yakni hormon pria yang ada dalam tubuh wanita maupun pria. Hormon androgen menyebabkan sebum (minyak) lebih banyak dihasilkan kelenjar minyak. Jerawat terjadi ketika sebum yang biasanya keluar ke permukaan kulit itu tersumbat.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of American Academy of Dermatology juga menunjukkan kaitan antara susu dengan jerawat. Dalam studi yang mensurvei 47.335 wanita itu diketahui wanita yang minum susu dua gelas atau lebih setiap hari mengalami masalah jerawat.

Meski begitu, Richard Fried, MD, dermatologi dan penulis buku Healing Adult Acne menyebutkan tidak semua orang bereaksi sama terhadap makanan. Ia menyarankan agar kita membuat daftar makanan yang dikonsumsi.

“Buat catatan jenis atau tipe makanan yang dikonsumsi 24 jam sebelum jerawat timbul,” katanya. Periksa bagaimana kulit kita bereaksi terhadap makanan tertentu.

Kamis, 1 Oktober 2009 | 15:55 WIB

Makanan Laut atau

Makanan Laut atau sering disebut dengan Sea Food merupakan makanan yang banyak mengandung kandungan Yodium (Iodine). Yodium dikenal juga sebagai salah satu dapat mengakibatkan makin parahnya jerawat yang sudah ada, walaupun demikian yodium mungkin tidak cukup dikatakan penyebab munculnya jerawat. Banyak orang yang cenderung mudah terkena jerawat akan menghindari makanan dengan kandungan yodium yang tinggi.

Makanan dengan Kandungan Karbohidrat Tinggi / High Carbohydrates

Dimungkinkan juga dalam beberapa makanan dapat berubah menjadi bentuk gula tinggi (high sugar) dan sejenisnya ada hubungannya dengan kemunculan jerawat. Hipotesanya adalah jika makanan dengan karbohidrat tinggi akan berubah menjadi gula, dan dalam proses metabolismenya gula yang berlebihan ini dapat berubah menjadi lemak, yang akan mendorong pembentukan kelenjar minyak.

Walaupun demikian ternyata beberapa makanan yang tinggi kalori seperti coklat tidak berkorelasi langsung dengan tumbuhnya atau munculnya jerawat. Ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh American Medical Association.

Vitamin A dan E

Penelitian menunjukkan bahwa pasien yang berjerawat cenderung memiliki kadar vitamin A dalam aliran darah mereka lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki jerawat. Bebeberapa orang yang berjerawat juga cenderung memiliki kadar Vitamin E dalam darah yang rendah.

Hygiene (Kesehatan)

Penyebab jerawat juga bisa karena faktor kebersihan kulit yang kurang, misalnya kulit kotor karena debu, keringat, asap, kosmetik, dsb. Bila jerawat banyak muncul di dahi dan leher, kemungkinan penyebabnya adalah debu dan keringat yang menyebabkan sumbatan pada kelenjar sebum, sehingga akhirnya timbul peradangan (jerawat)

Dari berbagai sumber

Advertisements

Written by informasisehat

06/10/2009 at 5:29 pm

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. mohon kasi solusinya yaa…..???
    segera…..cara menghilangkan dengan mudah….

    zar

    19/01/2010 at 3:45 am

  2. memang dengan mengatasi maslah kesehatan dari dalam tubuh,, secara tidak ataupun secara lansung dapat mengatasi jerawat kita,, berikut ad info tentag penyabab uatama jerawat serta solusinya ,, silahkan aj kunjungi Info Jerawat

    Info Jerawat

    27/02/2010 at 1:29 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: