HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

Ada Drakula di PMI?

leave a comment »

Ada Drakula di PMI?

drakula di dunia nyata

Drakula adalah sosok penghisap darah yang ternama, berpenampilan menarik tetapi punya niat untuk menghisap darah untuk kelangsungan hidupnya. Begitupun PMI adalah lembaga yang menghisap darah untuk tujuan kemanusian untuk keberlangsungan hidup orang lain. Keduanya ada kesamaan dalam hal bisnis darah sebagai core usaha. Tetapi tujuan penggunaan berbeda.

Membaca tulisan di salahsatu harian di jawa barat, ada cara pandang yang  mungkin berubah. Berikut kutipannya.

”Kepala UTD PMI Kota Bandung dr. Chairul Amri mengatakan, dugaan penyelewengan yang terjadi selama tahun 2008-2009 berasal dari biaya pengganti pengolahan darah (BPPD) senilai Rp 2,8 miliar atau hasil dari penjualan sekitar 13.000 kantong darah yang disumbangkan warga donor. ”Setiap orang yang butuh darah bisa membeli satu kantong darah ke PMI Bandung senilai Rp 200.000,” katanya.

Menurut Chairul, sesuai dengan Bab V Permenkes Nomor 478 Tahun 1990 tentang Upaya Kesehatan di Bidang Transfusi Darah dan Pasal 33 butir 3 SK PP PMI No. 118 Tahun 2009, dana BPPD digunakan untuk kegiatan transfusi darah dan pengembangannya, bukan untuk kegiatan lain. Namun, dana itu digunakan untuk kegiatan lain.

Chairul menunjukkan sebundel data bukti pengeluaran dana BPPD seperti biaya uang saku perjalanan umrah tahun 2008 senilai Rp 5 juta, biaya pengobatan pengurus yang hampir tiap bulan memakan dana Rp 700.000 hingga Rp 2 juta, biaya jamuan makan pengurus dan pihak lain, serta sejumlah biaya lainnya. ”Bahkan, ada dana penjualan darah donor digunakan untuk membeli isi kulkas dan membeli makanan ikan di akuarium,” katanya. (pikiran rakyat)

Kalau memang terjadi berarti ada drakula di PMI. Tapi hal ini sebenarnya lebih menguatkan teman lama, yang menanggapi acara donor darah di instansi kerjanya: “ sosial itu dalilnya, kenyataan darah yang disumbangkan menjadi ajang bisnis PMI”

Semoga hal ini cepat dibereskan, jangan sampai ada prasangka yang terus berkembang, yang membuat tidak nyaman para dermawan. PMI tetap dibutuhkan memasok darah dalam keadaan kritis. Jangan biarkan drakula hidup di PMI.

Titip salam untuk bapak ketua umum PMI.

(tulisan ini dimuat juga di http://polhukam.kompasiana.com/2010/05/03/ada-drakula-di-pmi/ )

Advertisements

Written by informasisehat

03/05/2010 at 1:26 am

Posted in Uncategorized

Tagged with ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: