HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

LIPOMA , berbahayakah?

with 83 comments

Lipoma

Definisi

Lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak yang berada dibawah kulit yang terdiri dari lemak.

Lipoma

Biasanya lipoma dijumpai pada usia lanjut (40-60 tahun), namun juga dapat dijumpai pada anak-anak. Karena lipoma merupakan lemak, maka dapat muncul dimanapun pada tubuh ini. Jenis yang paling sering adalah yang berada lebih ke permukaan kulit (superficial). Biasanya lipoma berlokasi di kepala, leher, bahu, badan, punggung, atau lengan. Jenis yang lain adalah yang letaknya lebih dalam dari kulit seperti dalam otot, saraf, sendi, ataupun tendon.

Tumor ini jarang berubah menjadi tumor ganas. Lipoma lebih sering ditemukan pada wanita dan lebih sering tumbuh di lengan, batang tubuh dan leher bagian belakang. Beberapa orang hanya memiliki 1 lipoma, sedangkan yang lainnya memiliki beberapa buah lipoma.

Lipoma pada bagian tubuh

Gejala Klinis

Lipoma bersifat lunak pada perabaan, dapat digerakkan, dan tidak nyeri. pertumbuhannya sangat lambat dan jarang sekali menjadi ganas. Lipoma kebanyakan berukuran kecil, namun dapat tumbuh hingga mencapai lebih dari diameter 6 cm.

Penyebab

Tidak selalu jika kita mempunyai orangtua atau leluhur yang mempnyai lipoma ini, maka kita akan mempunyai lipoma juga. Namun ada suatu sindrom yang disebut hereditary multiple lipomatosis, yaitu seseorang yang mempunyai lebih dari 1 lipoma pada tubuhnya. Kegemukan tidak menyebabkan terjadinya lipoma.

Penatalaksanaan

Pada dasarnya lipoma tidak perlu dilakukan tindakan apapun, kecuali berkembang menjadi nyeri dan mengganggu pergerakan. Biasanya seseorang menjalani operasi bedah untuk alasan kosmetik. Operasi yang dijalani merupakan operasi kecil, yaitu dengan cara menyayat kulit diatasnya dan mengeluarkan lipoma yang ada. Namun hasil luka operasi yang ada akan sesuai dengan panjangnya sayatan.

operasi minor lipoma

Untuk mendapatkan hasil operasi yang lebih minimal, dapat dilakukan liposuction. Sekarang ini dikembangkan tehnik dengan menggunakan gelombang ultrasound untuk menghansurkan lemak yang ada. Yang perlu diingat adalah jika lipoma yang ada tidak terangkat seluruhnya, maka masih ada kemungkinan untuk berkembang lagi di kemudian hari.

Beberapa Alternatif Pengobatan
A. Pengobatan dapat dilakukan dengan melakukan pembedahan atau sedot lemak.

Operasi pengeluaran lipoma

B. Untuk mencegah agar lipoma tersebut tidak membesar atau bertambah banyak, maka saran saya adalah :
1. Rutinkan berpuasa sunnah senin dan kamis.
2. Rajin dan rutin berolah raga.
3. Hindari makanan tinggi lemak,
4. Rutinkan konsumsi jus brokoli atau wortel.
5. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah.
6. Rutin mengkonsumsi bawang putih ( 3 siung pagi dan 3 siung sore) (http://www.eramuslim.com/konsultasi/sehat/herba-untuk-mengobati-mencegah-lipoma.htm)

Written by informasisehat

27/05/2010 at 10:21 pm

Posted in benjolan

Tagged with ,

83 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. DEAR PAK, SAYA MENGIDAP LIPOMA SETELAH SAYA BERUMUR 42, SKRG SAYA 45 THN. KENAPA BENJOLAN DI DLM TUBUH SAYA SEMAKIN BANYAK YA PAK? AWALNYA HANYA DI TANGAN SAJA TTPI SKRNG BRTAMBAH DI BAGIAN BADAN SAYA .BAWANG PUTIH YG DIANJURKAN 3 SIUNG TSB APAKAH KITA MAKAN MENTAH ATAU DIMASAK. PERNAH SAYA COBA MAKAN MENTAH ULU HATI SAYA PANAS.KEBETULAN SAYA JUGA ADA GANGGUAN PENCERNAAN. TERIMAKASIH ATAS JAWABANNNYA.

    PUTRA

    15/05/2011 at 9:08 pm

  2. bapak sudah cek ke dokter, tentang penyebab utamanya
    memang ada hal yang menarik, kalo konsumsi protein diturunkan, limfoma akan mengecil (ini berdasar pengalaman, bukan penelitian)

    paling umum adalah pola makan yang tidak sehat
    bapak bisa cek kadar kolesterol dan trigliserid

    saya menyarankan konsultasi ke dokter dulu.

    informasisehat

    24/06/2011 at 12:04 am

  3. Yth Bapak, saya mempunyai penyakit lipomo, usia saya 47 th, ditangan paha dan punggung bagian belakang ada benjolan lebih kurang kalu dihitung 15, sudah pernah dianggakt / operasi 2 biji, tetapi yang lain tumbuh terus, apalagi yang dipahamungkin sebesar telar puyuh…apakah dengan memakan bawang putih 3 pagi dan 3 sare bisa mengurangi tumbuhnya benjolan yang lain, atau mungkin bisa menghilangkan, trus bawang putuh cara makanya dimasak atau makan mentah ….trima kasih

    anton

    12/12/2011 at 3:29 pm

  4. dear Pak, usia saya saat ini 34 tahun, saya mengidap lipoma sejak usia 6 tahun pada bagian luar kulit telingan kanan, pernah di keluarkan oleh pengobatan alternatif (dibuka dan dikeluarkan lemaknya di usia 7 tahun) namun setelah kering dan luka bekas sayatan sembuh kembali benjolan itu muncul di tempat yang sama diameter +/- 1 cm. pada usia 31 saya ke dokter bedah disebuah rumah sakit di bekasi, lipome itu di bedah dan di angkat beserta selaput tipis yang menyelubungi lemak tersebut, setelah kering luka bekas pembedahan sembuh beberapa bulan (+/- 4 bulan pasca operasi) kembali lipome itu muncul kembali di tempat yang sama dan diameter saat ini 1.2 cm. dokter apakah saya kembali ke untuk melakukan pembedahan?, adakah alternatife pengobatan tanpa operasi/pembedahan. thanks

    Cecep Supriadi

    01/07/2012 at 1:57 am

  5. anak saya usia 15 bln.. ada benjolan di tulang betis.. sepertinya dibawah kulit… apakah itu trmasuk lipoma ? dan apa solusinya??? mksh

    Anonymous

    31/10/2012 at 12:39 pm

  6. Dear pak.. Saya mengidap lipoma saat saya berumur 15thn, awal’y itu hanya benjolan kecil,tetapi setelah 3thn benjolan itu semakin membesar dan letaknya dibelekang bagian pinggul saya, setelah saya konsultasi ke dokter, dokter menganjurkan bedah, dan saya melakukannya, ternyata dilihat hasil’y memang sudah membesar dan berwarna hitam, dokterpun menyampaikan baik” saya.. Tetapi disebelah kirinya, ternyata tumbuh lagi, dan sekarang saya merasakan, nyeri dan linu diseluruh badan saya.. Seperti tidak bertenaga, bahkan terkadang sebagian organ tubuh saya sulit utk digerakan.. Bagaimana itu pak, kenapa dgn tubuh saya.. Saya konsultasi dgn dokter, tp dokter bilang itu tidak apa”..

    Linda

    14/11/2012 at 7:31 pm

  7. saya ibu rumah tangga umur 46 tahun, saya ada benjolan di sekitar kepala dan kening. tetapi hanya satu, sudah cek ke dokter kemungkinan lipoma. bagaimana saran agar lipoma mengecil tanpa di bedah? terimakasih.

    sumartin

    20/01/2013 at 3:47 am

  8. pak saya kan punya benjolan di payudara waktu itu sudah pernah di oprasi tapi tumbuh lgi apakah itu berbahaya trus apa obat ny

    Anonymous

    20/02/2013 at 7:41 am

  9. Pak, saya mempunyai lipoma di atas paha kiri, keberadaannya masih rata dengan permukaan, hanya kalau dipegang terasa dan sedikit sakit, kata dokter lipoma tsb menekan saraf hingga linu.selain itu telapak kaki kiri saya sakit apalagi kalau dibawa jalan supaya agak enakan saya menggunakan sendal, Pertanyaannya, apakah sakit di telapak kaki kiri saya tersebut disebabkan lipoma yang berada di atas paha? Terima kasih jawabannya.

    Abdul Qudus

    23/02/2013 at 12:16 pm

  10. saya pnya pnyakit lipoma apa obatnya y tolong gmn cra pnyembuhannya dah kmna’ berobat tp mlh tambah bnyak

    Anonymous

    19/03/2013 at 11:04 am

  11. […] akan mempunyai lipoma juga. Namun ada suatu sindrom yang disebut hereditary multiple lipomatosis, yaitu seseorang yang mempunyai lebih dari 1 lipoma pada tubuhnya. Kegemukan tidak menyebabkan […]

  12. […] akan mempunyai lipoma juga. Namun ada suatu sindrom yang disebut hereditary multiple lipomatosis, yaitu seseorang yang mempunyai lebih dari 1 lipoma pada tubuhnya. Kegemukan tidak menyebabkan […]

  13. sy seorang yg mnat bsukan….sblom ini bnjolan itu ada d lngan…stlah bt pmbedahan,smkin ari bnjolan itu smkin bnyk d bdan sya.bgaimnakah crnya sya blh mghilangkn ksemuanya.sya ingin mndpat bntuan dr anda?

    mohd faztin bin kadir

    16/08/2013 at 10:42 pm

  14. saya mastura yang berkerja di hkl,dan mempunyai bapa yang memepunyai lipoma dibahagian atas bahu,dan ditegah legan..setelah bertahun memujuk beliau tidak mahu melakukan ape2 pembedahan..keran beliau merupakan pengidap kanser usus dan telah menjalani kimoterapi pada 2006..sudah berputus asa dan redha,saya sebagai anak tidak sampai hati membiarkan beliau menaggung sakit n mengalami ganguan emosi disebabkan pergerakan tangan terbatas..makan menggunakan tangan kiri,tidak dapat melakukan kerja seperti biasa dan mengalami kebas2 seluruh tangan kanan.

    mastura affandi

    17/08/2013 at 8:53 am

  15. pak, saya memiliki benjolan d otot punggung, apa lipoma bisa menyebbkan tidak bisa hamil. trimaksh

    nurita rosmiyanti

    20/08/2013 at 3:22 am

  16. Dear All, untuk teman2 yg memiliki permasalahan dengan lipoma, Jika tidak keberatan minum reserve deh. Produk antioksidan tinggi. Ini adalah Suplemen All In One karena dengan hanya satu sachet Gel Reserve mendapatkan berbagai macam manfaat bagi tubuh, ini bukan hanya sekedar suplemen bagi tubuh tetapi lebih dari itu adalah suplemen bagi sel. RESERVE ™ untuk meregenerasi Sel-Sel didalam tubuh ANDA. Sehingga apabila selnya sehat, secara keseluruhan organ dan tubuh kita pun sehat. Manfaat Reserve:
    -Antioksidan untuk melawan inflamasi sel, oksidasi akibat stres, dan penuaan dini
    -Anthocyanins untuk medukung perbaikan fungsi kardiovaskular
    -Asam lemak yang penting untuk membantu fugsi saluran pencernaan
    -Phytosterols untuk membantu manjaga tingkatan kesehatan kolestrol
    -Mendukung sistem kekebalan tubuh
    -Meningkatkan metabolisme.
    Untuk lebih jelas bisa dilihat di http://www.ehanday2.jeunesseglobal.com
    trimakasih

    Estu Handayani

    10/09/2013 at 5:42 am

  17. Buat saudara2 yang memiliki keluhan lipoma , alhamdulilah dengan teriapng emas bisa menyembuhkan sampai ke akarnya tentunya tanpa operasi , untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi 082128911512
    #baca websitenya juga banyak testimoni yang sudah sembuh

    Ajeng Rismaniar

    30/09/2013 at 5:14 pm

  18. klo sudah d ambil kdang2 terasa nyeri..bahaya gak dok…?

    Anonymous

    03/10/2013 at 11:51 am

  19. bila lipoma itu tdak di operasi apkah membahyakan pak,trimaksih

    Anonymous

    21/10/2013 at 10:45 am

  20. apakah ini lipoma ? saya ada benjolan bentuknya agk memanjang 2 cm dan kecil dibawah kulit.di bagian panggul. namun dampaknya sakit hingga tulang belikat. Saya pernah ke dokter saraf. tapi tak sembuh karena kata dokter itu hanya otot tpi sangat mengganggu . apakah itu Lipoma …. untuk sementara ke dokter mana >?

    mardiyani

    18/12/2013 at 8:25 am

  21. Pada lengan kanan tangan saya tumbuh benjolan(lipoma).
    Awalnya kecil(titik) sudah 2tahun makin besar saja.
    Apa solusinya mengatasi lipoma tersebut?

    Indah

    05/01/2014 at 11:55 pm

  22. Saya baru dioperasi hasilnya seperti lipoma. Tetapi saya takut kerena keluarga kami kebanyakan meninggal kanker.

    Siti maryam

    21/01/2014 at 3:20 am

  23. ada Benjolan di Dada saya bagian tengah, sebesarv kelereng, namun akir-akir ini terasa nyeri, apa bisa berubah menjadi herpes

    Riswan

    04/02/2014 at 6:37 am

  24. dokter,, saya berusia 20 thn,, di paha kiri bagian atas saya terdapat benjolan kecil (lipo) sudah terjadi beberapa kali pembengkakan kemudian pecah,, akan tetapi benjolan nya tumbuh kembali dok,, saya sudah beberapa kali konsultasi ke beberapa dokter,, tp hasilnya sama saja dok,,bagaimana penanganan nya? dan berbahaya kh? terimakasih

    Anonymous

    13/02/2014 at 6:29 am

  25. Dok. Saya setelah melahirkan timbul benjolan dibelakang leher kiri. Klw dipijit sakit, apa penyakit saya itu berbahaya dok.

    novita yusuf

    08/03/2014 at 9:25 am

  26. dear saya mengidap lipoma sejak kecil saya sekarang berusia 32 thun pd saat saya berusia 19 thun pernah saya operasi tapi tetap tumbuh apa bisa lipoma Di obati trus kalo jmlah nya lbih dari satu apakah hrus d operasi semua

    Ekwanudin

    12/04/2014 at 1:57 pm

  27. hallo pak, dibagian belakang punggung saya ada benjolan hitam, pertama benjolan itu ada kecil dan warna nya sesuai dengan warna kulit, dan lama kelamaan benjolan itu makin membesar apakah itu LIPOMA pak …??

    lesti

    30/04/2014 at 8:28 am

  28. Dear bapak. maaf saya ini dari malaysia. ada pencerahan sedikit. sebenarnya yang diterangkan oleh bapak itu adalah lipoma, bukannya limfoma.. lipoma adalah benjolan lemak dibawah kulit dan bisa dibuang melalui pembedahan kecil dan biasanya tidak merbahaya. limfoma pula ialah sejenis kanser darah putih dimana sistem sel dlm kelenjar tidak dpt mengawal pebelahan sel dan menyebabkan pembengkakan selalunya di kawasan aliran sistem limfa badan. kanser limfoma tahap 1 & 2 masih bisa dirawat dengan kemoterapi manakala tahap 3 & 4 amat merbahaya. sekian sedikit pencerahan saya. mohon pembetulan jika ada kesilapan… 🙂

  29. dok saya baru usia 18 tahun tapi sudah melakukan operasi 2x untuk pengangkatan lipoma, terakhir saya operasi waktu umur 16 tahun, tapi sekarang muncul lagi dibagian payudara.. saya takut akan tumbuh jadi tumor ganas, tapi saya tdk mau dioperasi lg, ada ga dok obat herbal yg ampuh tanpa bedah..
    trims

    syafa

    22/05/2014 at 12:28 pm

  30. pak saya penderita lipoma yang tadingya kecil seperti kelereng setelah sekian lama kurang 8 tahun sdh mulai membesar sebesar bola pimpong yang ingin saya tanyakan apakah lipoma itu bisa menghilang setelah kita menggunakan obat herbal?

    EDI MARWANSYAH

    18/06/2014 at 10:38 am

  31. pak saya mempunyai benjol di kening saya sdah mencoba operasi sbnyak 3 kali namun benjol itu trus datang stiap 1 blan sekali benjol itu slalau tumbuh dah pecah….apa obat tuk mencegah bengkak pada kning saya supaya hilang..trma ksig.

    ari

    07/07/2014 at 9:09 am

  32. Dok anak sy 1th ada benjolan lunak d pundak. Kira2 1,5cm Apa itu lipoma atau tumor jinak? Kalo ga d oprasi emang bisa ilang sendiri.!klo udah bsr nanti??

    Endrik umi

    12/07/2014 at 2:13 am

  33. coba minum melia propolis,sepengalaman saya kerabat saya sembuh konsumsi melia propolis 🙂

    sari

    06/08/2014 at 12:04 am

  34. mbak sari kerabatnya itu bnr2 kena lipoma apa gk utk propolis harganya brp mksh…

    khadir

    18/08/2014 at 7:14 pm

  35. ” Untuk semua penderita lipoma”

    Saya juga seorang penderita lipoma, ada di punggung, perut, tangan, paha. namun dengan pola makan dan makanan yang sehat lipoma semakin mengecil, bahkan ada yg sudah hilang.
    yang saya lakukan adalah
    – Menghindari makanan berlemak tinggi seperti ayam broiler.
    – menghindari jajan makanan dari luar ( yg digoreng) kita tidak pernah tau para pedagang menggunakan minyak seperti apa. klo lg pengen goreng2an sy goreng sendiri dgn minyak yg aman sperti Bim***, Fil** dll
    – mengkonsumsi kulit manggis/ herbal yg telah dikapsulkan
    – HINDARI & STOP mengkonsumsi makanan berpengawet dan makanan yg diawetkan seperti nugget, ikan asin, terutama “MIE INSTANT” semua merk
    – Olahraga cardio seperti jogging bersepeda dll secara teratur.

    Semoga bermanfaat

    Andri Wibowo

    12/09/2014 at 10:29 am

  36. pak saya jga mempunyai benjolan sekarang saya berumur 14thn saya knak pnyakit ini dari kls 3sd sekarang saya sdh kls 9 smp
    penyakit ini juga agak nyeri jika saya habis bangu tidursaya blom bsa menyebut ini lipoma krn saya tdk pernh menghiraukn pnyakit

    Anonymous

    12/09/2014 at 2:49 pm

  37. Saya sangat berterimakasih untuk info tentang lipoma ini…krn sy salah satu yg mempunyai lipoma bermasalah…terasa sakit dan membesar.apakah operasi jalan terbaik untuk menghilangkaan lipoma?atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.

    lilik meiarti

    20/09/2014 at 6:12 am

  38. Pak saya ingin bertanya,saya berusia 20 tahun,saya mempunyai benjolan di bawah bahu kanan saya,benjolan ini seukuran kacang polong gitu,saya tdk tau persis sudah berapa lama benjolan ini muncul di tubuh saya yg saya ingat ini sdh lumayan lamaa,saya tdk meraskan sakit,paling hanya nyeri sedikit saja
    menurut anda saya mendrita penyakit apa ya?
    mohon jawbannya,saya ucapkan terima kasih

    Ayu wulandari

    02/10/2014 at 4:23 am

  39. Mohon ijin saya mau tanya, saya laki-laki berumur 23 tahun,, saya mempunyai benjolan didalam kulit tepatnya dibawah maaf puting. memang tidak terlihat namun jika diraba akan terasa ada benjolan sekitar 1 cm dan terasa agak sakit jika di tekan. pertanyaan saya, benjolan apakah ini?, berbahayakah?, dan solusinya bagaimana?
    mohon jawabannya, saya ucapakan terimakasih

    Anonymous

    30/10/2014 at 1:50 am

  40. saya desti pa. saya. mau tanya di bawah puting payudara ada seperti benjolan tapi kecil berwarna hitam dan gatal itu apa ya? terima kasihn

    desti

    31/10/2014 at 9:19 am

  41. pak saya mau tanya , saya berumur 22 tahun, awalnya saya sering mengalami sakit, apa bila sering membungkuk , waktu saya menulis dan lama di depan komputer. dan sekakang tiba-tiba muncul benjolan di punggung dan terkadang sya merasa sakit..
    menurut anda ini penyakit apa? berbahayakah? penanganan apa yg hrus saya lakukan.?
    mohon jawabanya.. trimakasih

    kalia

    08/12/2014 at 11:43 pm

  42. Assalamualaikum,wr.wb
    Permisi..saya may Tanya pak 😀
    Dileher saya terdapat benjolan kecil yang lunak Dan dapat digerak gerakan..
    Apakah ITU termasuk lipoma pak ?

    intan fia

    16/12/2014 at 8:03 am

  43. aslm..pak ank sya br brusia 6 bulan..ad
    2benjolan kecil jk dpgang bs dgerakkan ddaerah blkang telinga…apkah itu lipoma?jk dioperasi apkah tdk berbhya utk perkmbngan otakny..trimkasih

    rudy

    11/01/2015 at 4:16 am

  44. maaf pak,, saya krisna, usia saya baru 15 tahun, di dahi kiri saya ada benjoalan mungkin itu lipoma,,, jika dipencet tidak sakit bahkan saya benturkan ke dinding pun tidak sakit juga, katanya sih dulu saya pernah jatuh dari tempat tidur tapi kejadian itu sudah 14 tahun yang lalu tpi kok baru” ini saya lihat kok tampak membesar dan terkadang terlihat samar kadang juga terlihat membesar. mohon solusinya,, makasi.

    krisna

    11/01/2015 at 11:53 pm

  45. dear pak dokter ..
    saya wanita berusia 25 tahun ada benjolan di bagian paha atas belakang saya .
    benjolan itu ada sejak tahun 2012 hingga sekarang ini. dulunya kecil sekarang agak memnesar seperti telur puyuh. dan udah beberapa hari ini mulai terasa nyeri jg di permukaan benjilan itu seperti ada matanya.saya mau tanya pak pakah benjolan ini berbahya? apa ini termasuk dari lipoma jg? kerna saya belum pernah memeriksakannya kedokter. mohon bantuanya ya pak. terimakasih

    ande

    17/02/2015 at 2:30 am

  46. Ane ada obat herbal gan yg ampuh buat lipoma dari tanaman herbal indonesia tnpa efek samping.Obt herbal itu namanya Curzema yg jg bisa buat pengobatan tumor,benjolan,kista,miom,dll.Sudah teruji secara klinis dan sdh byk yg disembuhkan.Contac person di 081389040933/085869244008.

    Aksan

    24/02/2015 at 9:19 am

  47. di kening sy tiba tiba muncul benjolan tetapi stelah 2 hari benjolan itu hilang dan tiba tiba benjolan itu muncul lagi. apa itu lipoma, dok ?

    mario

    23/03/2015 at 9:44 pm

  48. Wah, gambarnya live banget…
    benjolan sampai di operasi ya Pak?

  49. Kepada bapak ibu, website ini sudah benar mengenai bawang putih. Karena saudara saya banyak yang sembuh dari penyakit karena bawang putih. Ayah saya pun sekarang sering menggado bawang putih agar kolestrol nya turun.
    Caranya.
    Bawang putih di geprek alus
    Langsung telan jangan di kunyah karena bisa merusak gigi
    Untuk jumlahnya itu tergantung bapak atau ibu. Kalo ayah saya sih 2 siung. 1 pagi 1 malam.

    Saudara saya yang telah di vonis jantung koroner bisa sembuh total karena tiap hari makan bawang putih mentah.
    Semoga bermanfaat 🙂

    astari

    02/04/2015 at 5:23 am

  50. apa saja pantangan makanan untuk penderita lipoma?

    Liana

    22/04/2015 at 5:55 am

  51. asalamualaikum pak saya memiliki benjolan di leher mempunyai panjang 5cm keras tapi lunak apakah itu lipoma

    dafa aditya

    15/05/2015 at 5:13 pm

  52. ,

    tree

    20/05/2015 at 2:23 am

  53. Dok,saya mau nanya anak saya umur 4 tahun sejak lahir ada benjolan di paha kanan nya,makin besar badan nya,makin besar juga benjolan nya,skrg dia uda mulai merasakan sakit,dan diameternya 39 cm,apa nama penyakit nya dok,mohon di info.thanks

    July harefa

    25/06/2015 at 6:27 am

  54. Dear all, jika dibiarkan lypoma berbahayakah? Apa melalui penyinaran di rmh sakit, bs efektif tksiii

    Cicilia Susiyati

    02/07/2015 at 3:37 pm

  55. Bahaya banget ya?
    Semoga saja kita selalu di beri kesehatan. Amin. 😀

    Sehape.com

    06/07/2015 at 6:07 am

  56. saya edo skr sudah 25 th, semenjak smp saya memiliki 1 benjolan di paha atas tp tidak saya hiraukan setelah sekian lama makin banyak benjolan kecil sekitar 6 benjolan tp saya takut periksa ke dokter apakah benjolan itu termasuk lipoma atau bukan tapi gejalanya seperti lipoma, dan apakah benar dengan makan bawang putih mentah bisa sembuh terima kasih…

    edwin

    09/07/2015 at 3:13 am

  57. selamat pagi dok .. saya Rihan dari bogor saya mempunyai benjolan lipom dibeberapa bagian tubuh saya, 2 thn yg lalu saya sdh mengoperasi 6 benjolan yg berada ditangn dan paha.tapi belakangan ini benjolan itu semankin banyak ditempat yg lain ditubuh saya.dan sdh agak mengganggu persendian kaki/tangan dan pinggang saya.mohon solusi terbaiknya dok.terima kasih.

    rihan

    20/08/2015 at 2:53 am

  58. assalamualaikum.
    saya ada benjolan di bahu kanan saya, dan benjolan ini muncul sekitar 3 thn yang lalu, memang tidak terasa nyeri atau sakit saat di pegangpun,dan semalam saya sudah periksa keklinik dan diberi obat Asam mefenamat dan Amoxilin serta sebungkus tablet masing masing 3x sehari, dan saya tidak ada keturunan dengan LIPOMA ini, yang saya tanyakan apakah ini benar benar gejala LIPOMA, karena kalau dibilang lemak juga bisa jadi karena saya tergolong agak gemuk 78kg/170.
    untuk olahraga saya biasa di hari libur hari sabtu atau minggu sekali.
    mohon informasinya apakah benar dengan puasa senin kamis bisa menyembuhkan atau menghambat pertumbuhannya, atau memang harus dilakukan operasi ringan saja sudah cukup.
    terimakasih

    heru

    21/08/2015 at 1:05 am

  59. Assalamu’alaikum wr. Wb utk semua yg membaca:) umur saya 15th dan di bahu kiri saya ada benjolan merah, tetapi bukan di bawah kulit, apabila di tekan tidak sakit dan tidak bergerak/kenyal. Apakah itu termasuk ciri2 lipoma? Atau bukan? Jika iya, bagaimana cara mencegahnya? Yang tau caranya tolong jawabannya ya.
    Terimakasih

    littlething

    01/09/2015 at 12:36 pm

  60. ALAH PERCUMA NANYA YANGNANYA RIBUAN, TAPI DOKTERNYA GAK JAWAB SAMA SEKALI, BUAT APA BUKA BLOG, MUBADIR AZA

    Setya Sby

    09/09/2015 at 11:31 am

  61. Wah apa benar ya? Semoga saja benar ya jika lipoma tidak berbahaya. 🙂

  62. semua pertanyaanya, mana jawapanya..

    Anonymous

    05/10/2015 at 12:31 pm

  63. Lho masak lipoma nggak berbahaya ya?
    Saya baru tahu. 😀

    Galaxy Note 5

    09/10/2015 at 3:28 am

  64. Bpk yg terhotmat.tiba2 istri sy tumbuh di bahu sebesar telur ayam.kejadian itu sdh 5 bln.smp skrng masih sebesar itu.kira2 apa ya pak.

    Rizal Zal

    28/10/2015 at 1:04 pm

  65. Dear,

    Saya mau minta petunjuknya ni, lipoma sy bersarang di ujung saraf mata yg paling belakang. Tahun lalu sy sudah bedah tengkorak untuk ambil lipoma tersebut. Tetapi tahun ini lipoma itu muncul lagi. dengan seringnya pusing dan air yang mengalir terus dari mata. Dokter bedah sudah angkat tangan karena jaringan tengkorak sudah keras, sehingga tidak bisa dibedah lagi. Rujukan ke radioteraphy, tetapi bagian radioteraphy menolak. Karena tembakan sinar tersebut akan merusak kornea mata dan mempercepat kebutaan.
    Saya ingin meminta saran, apa yang harus saya lakukan agar lipoma tersebut tidak menjadi besar dan menyebar.
    Atas infonya sy ucapkan terimakasih

    Nia

    12/11/2015 at 7:19 am

  66. dokter saya punya lipoma umur saya 40 itu bawang putih di masak apa di mkan mentah

    ini saya udah makan bawang hitam tapi tiap makan bawang hitam kepala saya pusing benjolan di tubuh makin banyak gimana cara pengngobatsn nya?

    Anik

    22/11/2015 at 9:06 pm

  67. pak saya mempunyai lemak pada bagian bawah bra .sebelah kanan daging ya agak memebsar tpi tidak sakit dan tdk trasa apa apa itu bebahaya gk ya ..usia q baru 24 ..maksih

    fitri yani

    29/01/2016 at 7:50 am

  68. Pak dokter, saya berusia 16thn dan saya memiliki lipoma yg terdpt di paha bagian blkng. Mau tanya dok, jika saya melakukan pengangkatan lipoma di paha bagian blkng apa ada efek sampingnya? seperti tdk bisa jalan atau duduk dalam bbrapa hari.

    beatrice

    05/03/2016 at 12:13 pm

  69. Saya heru bpk umur 25 saya mempunyai lifoma di punggung , di paha ,lengan,tangan ,dada ada juga , dulu pertama cuman ada di punggung itupun 2sd 3 benjolan ketika umur 21 ke atas benjolan makin banyak dan ada rasa nyeri ,… Mohon sarannya dok

    Heru

    16/04/2016 at 8:26 am

  70. Tak mampu aku melihat gambarnya…

    Piroan

    31/05/2016 at 3:51 pm

  71. adakah obat herbal yg dpt diminum utk mengurangi lipoma?

    eraprilia

    06/06/2016 at 1:11 pm

  72. sy mengalami lipoma , seketika saya pencet keluar lemak dan mulai meradang sampai sakit waktu berbaring tidur dan membesar… apakah ini berbahya… solusinya apa pak ?

    erick pangkey

    06/07/2016 at 3:53 am

  73. Maaf izin share, kami memiliki rekomendasi produk herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit termasuk khasiatnya telah banyak di rasakan untuk mengobati berbagai benjolan seperti salah satunya penyakit lipoma. informasi selengkapnya, anda dapat klik http://thebesthealthcaretemplate.com/obat-limfoma-tradisional/

  74. adakah buku yang membahas tentang penyakit lipoma pak ? mohon bantuan nya pak terimakasih

    Anonymous

    21/10/2016 at 11:52 am

  75. Pak saya mau tanya kalo operasi lipoma itu bahaya atau tidak yah soalnya ayah saya memiliki benjolan di bagian belakang leher juga .

    devi octaviani

    01/11/2016 at 7:36 am

  76. Saya berumur 22 tahun ada benjolan di pergelangan tangan rasa nya tdk sakit. Apakah lipoma yg ku derita ni berbahaya???? saya masih mudah kenapa y penyakit ku bisa lipoma …! memang bnr klw saya mnum jus & berat badan berkurang benjolan ny hilang. Tapi aku sekarang gemuk dan benjolan ny pn ada lagi, apakah mempengaruhi dgn ke gemukan saya ini / kelebihan lemak ????😭😭😭😭

    novita manurung

    04/02/2017 at 5:42 am

  77. saya baru berusia 19 tahun dan di diagnosa mengidap lipoma. lipomanya itu berada di atas payudara.. apakah itu berbahaya?

    Cho Ki Rae

    22/02/2017 at 5:25 am

  78. Pak, saya terkena lipoma sdh 3 kali dioperasi, tapi berisi lg dan bengkaknya tambah bsr, kalau pecah sprti bisul.. Gimana cara mengatasi nya…

    rifnizar

    21/03/2017 at 2:21 pm

  79. terima kasih infonya, sangat berguna dan menambah pengetahuan saya

    Joe

    10/01/2018 at 3:25 am

  80. Pak usia saya 24 tahun, lipoma saya pertamana nya 3 lipoma di tangan kanan tapi sekarang menjadi banyak kecil kecil pak… Agar lipoma nya tidak menambah gimana ya pak ? Apakah harus di bedah atw pake obat dulu pak ? Terimakasih

    Anonymous

    21/04/2018 at 7:41 am

  81. Solusi utk lipoma https://youtu.be/lNV9rlIpOpU

    buyung

    20/07/2018 at 11:02 am

  82. I simply want to state I am beginner to blog and in fact appreciated you’re site http://www.small-games.pro . Highly likely I’m wish to bookmark your site. You certainly come with great posts. Thanks a lot for exposing your blog site.


Leave a comment