HIDUP SEHAT

hidup sehat adalah pilihan

G A N G L I O N

with 46 comments


ganglion

Kista Ganglion atau biasa disebut Ganglion merupakan kista yang terbentuk dari kapsul suatu sendi atau sarung suatu tendo. Kista ini berisi cairan kental jernih yang mirip dengan jelly yang kaya protein.

Ganglion bisa disebut sebagai sebuah kista yang tumbuh terutama di daerah sendi atau tendon. Pada daerah sendi, terdapat jaringan sinovium yang berfungsi menghasilkan cairan pelumas untuk melumasi daerah sendi. Ganglion muncul apabila sinovium ini dipenuhi oleh cairan sejenis jell bening lalu membesar dan menimbulkan benjolan. Selain karena trauma khronis pada daerah sendi, penyebab yang pasti dari ganglion masih menjadi tanda tanya besar.

Kista merupakan tumor jaringan lunak yang paling sering didapatkan pada tangan. Ganglion biasanya melekat pada sarung tendon pada tangan atau pergelangan tangan atau melekat pada suatu sendi; namun ada pula yang tidak memiliki hubungan dengan struktur apapun. Kista ini juga dapat ditemukan di kaki. Ukuran kista bervariasi, dapat bertambah besar atau mengecil seiring berjalannya waktu dan bahkan menghilang. Selain itu kadang dapat mengalami inflamasi jika teriritasi.

pembedahan ganglion

Konsistensi dapat lunak hingga keras seperti batu akibat tekanan tinggi cairan yang mengisi kista sehingga kadang didiagnosis sebagai tonjolan tulang. Ganglion timbul pada tempat-tempat berikut ini:1,3,5,7,9,10

o Pergelangan tangan – punggung tangan (“dorsal wrist ganglion”), pada telapak tangan (“volar wrist ganglion”), atau kadang pada daerah ibu jari. Kista ini berasal dari salah satu sendi pergelangan tangan, dan kadang diperberat oleh cedera pada pergelangan tangan.

o Telapak tangan pada dasar jari-jari (”flexor tendon sheath cyst”). Kista ini berasal dari saluran yang menjaga tendon jari pada tempatnya, dan kadang terjadi akibat iritasi pada tendon – tendinitis.

o Bagian belakang tepi sendi jari (”mucous cyst”), terletak di sebelah dasar kuku. Kista ini dapat menyebabkan lekukan pada kuku, dan dapat menjadi terinfeksi dan menyebabkan infeksi sendi walaupun jarang. Hal ini biasanya disebabkan arthritis atau taji tulang pada sendi.

Ganglion terjadi pada sendi, oleh karena itu perlu diketahui mengenai anatomi sendi. Ganglion ditemukan pada sendi diartrodial yang merupakan jenis sendi yang dapat digerakkan dengan bebas dan ditemukan paling sering pada wrist joint. Hal ini mungkin diakibatkan banyaknya gerakan yang dilakukan oleh wrist joint sehingga banyak gesekan yang terjadi antar struktur di daerah tersebut sehingga memungkinkan terjadinya reaksi inflamasi dan pada akhirnya mengakibatkan timbulnya ganglion. Selain itu wrist joint merupakan sendi yang kompleks karena terdiri dari beberapa tulang sehingga kemungkinan timbulnya iritasi atau trauma jaringan lebih besar.

Ganglion bisa muncul pada semua jenis sendi terutama pada daerah pergelangan tangan dan kaki. Ganglion umumnya tidak sakit, tumbuh sebagai sebuah benjolan terlokalisir. Ganglion bukan merupakan akibat dari suatu reaksi inflamasi sehingga tidak ditemukan tanda tanda radang disekitarnya.

Ganglion terkadang dapat pecah sendiri dan menghilang. Bila tidak mau pecah, ganglion dapat diatasi dengan menyedot cairan yang ada didalamnya (aspirasi). Umumnya ganglion diambil dengan cara operasi (eksisi). Sayangnya, walau sudah diangkat, ganglion dapat tumbuh lagi dan perlu dipikirkan suatu penyebab sehingga bisa dicegah tumbuhnya ganglion yang berulang ulang.

Proses operasi penyedotan ganglion
About these ads

Written by informasisehat

28/05/2010 at 3:54 pm

Posted in benjolan, Uncategorized

Tagged with

46 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. hiiiiiii seram tuh gambar yg di atas !!!

    drizella

    22/06/2010 at 8:38 am

  2. Salam Kenal dariku, artikel menarik :D Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin :D

    Yohan Wibisono

    12/08/2010 at 7:03 am

  3. duh, di pergelangan tanganku udah muncul benjolan spt itu, kukira cmn ada tulang yang menonjol…takutt T_T
    kira2 kista ini ga ada hubungan na dengan kista yg ada di rahim bukan????

    nini

    08/02/2011 at 1:32 pm

  4. benjolan itu akan berkurang / mengecil kalau mengurangi suplemen protein. biasanya kalau bulan puasa (puasa dalam waktu lama) benjolan itu mengecil dengan signifikan (berdasarkan pengalaman)

    untuk memastikan bahaya atau tidak, konsultasikan dengan dokter. jangan dulu mengambil langkah operasi.

    informasisehat

    18/02/2011 at 12:35 pm

  5. Aq ad ganglion di telapak tgn, kt dktr hrs operasi selain mahal biayanya aq jg tkt,. Trs gmn y supaya ilang ganglionnya, ad saran g? Mksh

    wulan

    01/07/2011 at 1:33 pm

  6. harus dicek ke dokter
    dan dipastikan bahwa itu ganglion
    operasi itu cara cepatnya
    tapi terkadang juga hilang lagi

    informasisehat

    03/07/2011 at 12:35 am

  7. Ya alloh kena engkau turunkan penyakit2, apakah bisa sembuh tanpa operasi ganglion… Tolong diperjela bagi yg sudah pernah mengalami

    Edi budiyoko

    29/07/2011 at 5:24 pm

  8. Apakah ganglion bisa sembuh dengan obat2 tradisional. Apakah penyebab ganglion. Tolong bantuannya mas/mba, pak dokter

    Edi budiyoko

    29/07/2011 at 5:27 pm

  9. buat pa edi

    saya mengalami di pergelangan tangan persis seperti digambar, saya coba muat juga tadinya berbagi dengan yang lain ternyata sekarang sembuh, tidak nonjol seperti semula.

    apalagi di bulan ramadhan berpuasa 1 bulan, kemungkinan akan kempis kembali.

    tapi mungkin ada yang mau berbagi lagi

    informasisehat

    04/08/2011 at 12:22 pm

  10. saya juga ada ganglion (pesrsis yg ada digambar) terkadang terasa ngilu, rencana mau dioperasi hari Jum’at, 16 sept besok, apa yang harus saya lakukan agar bisa sembuh tau mengecil tanpa operasi? diet makanan apa atau mengkonsumsi herbal apa? mohon bantuan dan penjelasannya.

    poetri

    13/09/2011 at 5:53 am

  11. [...] dengan ganglion ini, aku pun tanya ke om google. Ini salah satu info yang aku dapat GANGLION. Contoh2 kasus yang diinput om google yang aku lihat sih jarang kista ganglion di kaki. Prof. [...]

  12. terima ksh atas artikelnya, artikel ini sangat membuat pencerahan pada saya tentang galion… ternyata kita tinggal membuang protein yang ada di galion yaitu salah satunya dengan berpuasa….
    dan pertanyaan saya… apakah sama galion atau kista yang ada ditangan dengan kista yang ada di rahim? apa yang akan terjadi jika protein yang ada didalam galion tak kunjung berkurang malah semakin lama semakin membesar dan bisakah malah menjadi daging tumbuh? terima kasih banyak atas jawabannya….

    Hani

    29/11/2011 at 9:02 am

  13. q punya ganglion di pergelangan tangan sebelah kanan.. udah dioperasi, eh 1 bulan habis dioperasi muncul lagi….. sekarag udah tambah gede, tapi masih males balik operasi lg.. ada saran ga selain dioperasi?soalnya bener2 menghambat aktivitas dan males balik ke kamar operasi untuk yg k2 kalinya…

    wina

    03/12/2011 at 6:14 am

  14. ganglion itu bisa timbul banyak kecil kecil gtu gak d pergelangan tangan?

    bunga

    28/01/2012 at 12:21 pm

  15. sy x lme lg akn kena operate mcm gmbr yg first tu…takutnye

  16. Saya punya ganglion di pergelangan tangan kanan bagian atas, sudah lama, lebih dari 5 tahun. Tak terlalu diperhatikan, ukurannya pun tidak berubah. Saya anggap tidak terlalu mengganggu, selama tidak melakukan aktivitas yg menjadikan telapak tangan sebagai tumpuan, menopang dagu terlalu lama saja pasti ‘pegal’ sekali, jadi jangan harap saya bisa kuat untuk push-up lebih dari 5 kali, hehehehe. Tak masalah.

    Namun sebulan ini saya menemukan benjolan baru, letaknya di pinggang belakang, jika diraba strukturnya sama dengan ganglion di pergelangan tangan. Dan ini cukup mengganggu karena terkadang rasanya pegal sekali, dan rasa pegal itu muncul tanpa ada aktifitas apapun sebelumnya.

    Pertanyaan saya mungkinkah benjolan di pinggang belakang ini juga ganglion? Atau jenis yang lain?
    Kira-kira ini berbahaya tidak ya?
    Perlu konsultasi ke dokter tidak??

    Wijie Subekti

    27/02/2012 at 1:58 am

  17. aq ada ganglion d pergelangan tangan pas urat nadi, sempat d operasi sekali tp dlm 2 bln timbul lg, kira2 perlu ga untuk d angkat lagi?? trz berbahaya ga sih atau bisa menyebar k tempat lain ga ya,, thanks infox

    Dessy lisna

    17/04/2012 at 2:57 pm

  18. saya punya ganglion ditelapak tangan saya, saya sudah melakukan opersi, tapi,beberapa bulan kemudian ganlion itu tumbuh lagi. dan menimbulkan rasa nyeri. saya ingin tahu bagaimana cara menghilangkan rasa nyeri dan ganglon tersebut. dan apakah ganglion tersebut dapat berdampak buruk untuk sya di kemudian hari?

    atas responnya saya ucapkan terimakasih.

    oktaviani idris

    20/06/2012 at 2:28 am

  19. saya jg ada tumbuh kista ganglion dipergelangan tangan sebelah kiri…….krn menimnulkan rasa nyeri dan menimbulkan rasa tidak nyaman akhirnya sesuai petunjuk dokter saya melakukan operasi…….tetapi spt yg lainnya , 3 bln stlh operasi kista ganglionnya tumbuh lagi , hanya sj letak tumbuhnya tidak sama dgn awal sakit…….dan stlh sy biarkan selama hampir 8 bln skrg terasa nyeri lagi…….mohon petunjuk cara menghilangkan rasa nyeri / sakit nya…….dan apakah sy harus melakukan operasi lagi……??????

    Anonymous

    25/06/2012 at 3:54 pm

  20. aku salah satu penderita ganglion dan sdh 12th.
    Ganglion itu tmbh membesar dan skrg pecah sdriri (msh blangsung) dlm hati msh takut and was2 nich

    meny

    15/08/2012 at 1:19 am

  21. saya punya ganglion persist di gambar itu, mau oprasi tapi takut, kalo di sedot seperti yang di gambar, musti kemana yach? atau dokter apa? ada referensi?

    Anonymous

    27/08/2012 at 10:48 am

  22. kmren senin sya bru slsai operasi ganglion yg k empat klinya. pas k empat klinya dkter kget ” ko bsa smpe empat kli operasi mksimal 2 x oprasi? ” . krena dkter yg menangani sya dkter snior pas operasi tau klo sbelum2’a ternyata g brsih, n Insya Allah dia berani menjamin klo kli ini operasi yang terakhir Aamiin .

    Dinar Bahri

    06/09/2012 at 4:38 pm

  23. Ini toh yang ditanganku, kalo udah lama ntar ilang sendiri. tapi kenapa ada lagi ya? -_- kadang ilang, pindah ke kanan, trus ilang, pindah lagi ke kiri. jadi kadang ngeganggu kalo mau nekuk tangan

    TirzaYoungThatter

    24/09/2012 at 8:08 am

  24. aku juga punya ganglion ..
    awal.na kecil trus aq pencet dan perasaan aq itu udah pecah tp selang beberapa bulan dy tumbuh lagi , aku pun tw setelah mamah ku tanya tangan ku kenapa , entah karna apa jadi ada ganglion.na ..
    dan sampe sekarang smakin membesar ..
    aku jadi takut ..
    mw ronsen dulu tp belum ada waktu ..
    kira” gmna ya ?
    aq jadi takut ..

    ardtama

    30/01/2013 at 11:31 pm

  25. aku jg ad benjolan kya gtu di tangan kiri,tp skrg aku lgy hamil,jd kalo harus puasa protein ga bsa. .
    Blm dipriksain jg..ad yg punya saran lain ga selain puasa?

    yaz

    09/02/2013 at 11:45 pm

  26. aku jg pndrita pnykt kista ganglion d pngkal paha sblh kanan dkt lutut sdh d operasi sktr 10 bln yl. tp kok msh trasa skt bks operasi n kdg msh mngluarkn cairan dan bahkn skrg tumbuh lg d kaki sblh kiri d bwh lutut. sdh prnh d ambl cairanx/d sedot 1x pke jarum suntik d rmh skt tp smpe skrg msh bngkak. tlg dong bg yg tau obatx atau ksh solusix cr mengobatix. trm ksh ats bantuanx

    merry

    17/02/2013 at 12:15 pm

  27. aku juga punya benjolan yang sama di telapak tangan kiri atas.
    awalnya aku kira cuma bengkak karena ter-antuk gitu.
    tapi uda 2 bulan ga hilang2 dan sekarang nyerinya smakin trasa.
    pernah ke tukang pijat, dan orgnya cuma bilang ini karena terlalu lelah, nanti bisa sembuh/ hilang sendiri.
    Saran untuk temen yg lain, benjolannya jangan dipijat2/ pencet2. makin dipencet makin gede.
    Mudah2an ga ada yang serius deh. serem kalo harus operasi atau sedot2 gitu. :'(

    christy

    18/02/2013 at 5:11 am

  28. Aku juga ad ganglion,di pergelangan tangan kanan,yaitu dekat urat nadi,gimana caranya ,apakh hrus di opersi,aku takut klo muncul lg

    Siti siregar

    21/03/2013 at 11:23 am

  29. saya juga punya di tangan sebelah kanan dan diameternya kira-kira 2 cm, apa harus dilakukan operasi langsung / penyedotan? Atau konsultasiin dulu sama dokter?

    Ira Ukhty Tuti

    22/03/2013 at 5:16 am

  30. saya ada ganglion dipergelangan tangan kiri,sdh dioperasi 3 kali,masih tumbuh lagi di tempat operasi yg ke tiga..nti kalau saya operasi lagi,kira2 jadi lagi tdk ya??

    Anonymous

    15/04/2013 at 7:37 am

  31. tangan kanan saya baru di oprasi pada hari rabu tgl 22 kemrin. ini adalah oprasi yang ke 2 x nya ! pertama kali saya di oprasi adalah akhir tahun yg lalu. tgl nya sy lupa. tp setelah oprasi pertama yg di lakukan dgn bius LOKAL tidak berhasil dan malah tumbuh lagi dan semakin besar. ini ke 2 x nya sy di oprasi dgn bius TOTAL,, semoga benar yg di katakan dokter, ganglion ini tidak akan tumbuh lagi.. amiiinn,,, yg di sayang kan, saya tidak melihat sama sekali ganglion itu, padahal lumayan penasarn.. hahaa

    Ade Wifi

    24/05/2013 at 3:03 am

  32. waktu bulan januari 2013 saya operasi ganglion.. Tp 4 bulan kemudian ganglion itu tumbuh kembali.. Gmana supaya ganglion di pergelangan tangan ku benar hilang gak tumbuh kembali ? Share ya ,

    izah makhfudoh

    01/07/2013 at 3:54 pm

  33. Saya insya ALLAH besok tgl 29 juli 2013 akan menjalani operasi ganglion yg tumbuh Di pergelangan tangan sbelah kiri spt gambar tadi,semoga ini akan menjadi cara yg terbaik dan ganglion tdk akan tumbuh lagi. Amin

    hani

    02/07/2013 at 10:47 am

  34. udah hampir 3 taun q biarin gangl
    ion d punggung telapak tangan q….

    miwa

    11/07/2013 at 7:13 pm

  35. aku juga punya ganglion di pergelangan tangan . udah 2x di oprsi dlm sthun tetapi masih tumbuh. apa ada pantangan tertentu ????

    kharisma

    19/07/2013 at 4:38 am

  36. Semua penyakit pasti ada obatnya, jika docter ga mampu mengobati, berarti, tangan Allah:,:: yg mampu mengobati, soalnya aq jg mo operasi ganglion hr sabtu mohondoanyaa,,,,,,,

    nanik suryanti

    01/08/2013 at 8:31 am

  37. keponakan q kena ganglion ni.dah di operasi.tp belom sbulan eeee”” benjolan itu kok tumbuh lagi ya?mmangnya kalao operasi tu ga cukup sekali aj to?kenapa harus begitu ya?trus di tempat yang di oprasi malah ktambahan kluar nanahnya,kira-kira da ga obat herbal yang bisa nyembuhin atau menghambat pertumbuhan ganglion tsb?tlg dong pertanya’an q di jawb

    ahmad ghufron

    12/08/2013 at 3:27 am

  38. sebenarnya ganglion ini tidak berbahaya, untuk menghilangkan ganglion gampang misalnya tangan sebelah kanan…cukup tiap pagi olahraga beban barbel yg 2 kg, latihannya adalah sbb:
    1. tangan yg memegang barbel kiri dan kanan masing2 2 kg dari samping bawah kemudian angkat ke samping atas sejajar dengan pundak .
    2. tangan yg memegang barbel taruh keduanya dibelakang kepala sejajar. dan dempetkan lengan di kuping kiri dan kanan terus bawa barbel ke atas kepala secar bergiliran
    dan coba dengan teknik barbel yg lain.
    sermoga ganglion akan hlang secepatnya selama anda rajin melakukan apa yg saya sarankan.

    joko susilo

    22/08/2013 at 3:47 pm

  39. Q juga ad benjolan sPrti it,kurang lebih sthn stngh lah. . . .yg saya ingin tanyakan,benjolan itu mampu hilang dngn cAra apa slain ke dokter.makash

    Anonymous

    10/12/2013 at 3:58 am

  40. OLAH RAGA PUSH-UP SEMAMPU KAMU…..KEDUA MAKAN BUAH PEPAYA, MELON, NANAS, SEMANGKA MASING-MASING 1 POTONG SETIAP PAGI SEBELUM MAKAN….. KETIGA MADU ODENG ASLI (LEBIH BESAR DARI TAWON) 1 SENDOK TAMBAH DAUN KEMANGI SECUKUPNYA PLUS BAWANG PUTIH & MERAH MENTAH 1 SIUNG DI TUMBUK CAMPUR MADU TERUS DIMAKAN… MINUM VIT E + VIT B COMPLEX YG TABLET BUAT ANAK-ANAK (BACA KOMPOSISINYA BELI YG LEBIH LENGKAP) SETIAP HARI… SAYA COBA SAMPAI 3 BULAN TERATUR… HINDARI DINGIN (AC, MANDI MALAM ATAU NYUCI) KALAU DI OPERASI AKAN MENIMBULKAN BEKAS JAHITAN… SELAMAT MENCOBA….

    Anonymous

    17/12/2013 at 8:33 am

  41. saya ada ganglion ditelapak kiri atas,kira2 ada pengobatan alternatif pa herbal ya…mohon infonya

    nana

    25/03/2014 at 12:01 pm

  42. Mohon bantuan untuk menghilangkannya tanpa operasi

    Syam

    02/04/2014 at 3:59 am

  43. thank’s info nya berguna banget. makasihhhh banyaaakkk :)

    anggi

    16/04/2014 at 8:59 am

  44. Setelah menelusri paman google , sy yakin benjolan pergerlangan tangan kanan sy adalah ganglion. Dan sy sudah berhasil mereduksi benjolan tersebut dgn mengkonsumsi Herbal Tea Concentrate produk dari herbalife. Tapi//// ada tapinya. jika tdk mengkonsumsi lagi, maka benjolan tsb nongol lagi…….. ampun… ada solusi lain kira? penghasilan sy tidak cukup utk terus mengkonsumsi teh tsb. salam……..

    Anonymous

    19/05/2014 at 7:45 pm

  45. baru saja dapat vonis dari dokter punggung tangan kananku kena ganglion,
    Informasi diatas sangat membantu, terimakasih..

    ichi

    18/07/2014 at 3:08 am

  46. Aku jg pnya di pergelangan tangan kanan,aku tkt misalnya klo operasi,apa penyakit ganglion gak bahaya ya??

    Mahesa Mutiara

    25/07/2014 at 6:09 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: